Business Update

Danone Indonesia Jaga Kesehatan Karyawan melalui Program Healthitude

Oleh Editor

Kesehatan karyawan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh perusahaan agar terciptanya lingkungan kerja yang sehat dan aman. Sejalan dengan hal tersebut, Danone Indonesia dengan misinya yakni membawa kesehatan kesebanyak mungkin orang melalui produk dan inisiatifnya, memegang teguh komitmen untuk memprioritaskan kesehatan masyarakat dimulai dari lingkup internal yakni karyawan Danone Indonesia.

Dengan lebih dari 14.000 karyawan di 10 provinsi, perusahaan memegang teguh komitmen dalam memprioritaskan kesehatan dan keselamatan karyawan melalui program Healthitude. Komitmen inipun telah terbukti dengan diperolehnya penghargaan untuk kategori Wellbeing Management dalam The 14th Indonesia HR Excellence Conference and Awarding yang diselenggarakan oleh Majalah SWA.

Program Healthtitude adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kesehatan, menciptakan gaya hidup sehat termasuk dalam hal pemenuhan nutrisi harian yang sehat, dan memberi akses memadai untuk pelayanan kesehatan bagi Danoners di seluruh lokasi kerja melalui 5 pilar diantaranya,

Pilar pertama adalah Health Education yang merupakan edukasi melalui pameran kesehatan, talk show, dan e-learning.

Pilar kedua yaitu Health Protection yang bertujuan melindungi kesehatan karyawan secara menyeluruh, baik fisik maupun mental. Antara lain dengan Medical Check Up, donor darah, dan vaksinasi. Dalam hal booster vaksin COVID19, Danone Indonesia berhasil mencapai 100% cakupan booster karyawan. Terkait kesehatan mental, terdapat konsultasi psikolog dan Helpline 24/7 bagi karyawan yang perlu bantuan psikologis . Pilar ketiga adalah Building Healthy Attitude yang dirancang untuk menumbuhkan perilaku sehat karyawan melalui fasilitas olahraga dan kompetisi

Pilar keempat adalah Healthy Nutrition yang bertujuan meningkatkan kesadaran diet sehat melalui konsultasi gizi dan penyediaan menu sehat. Selain itu, terdapat program Food Traffic Light System dimana menu makanan yang disajikan diberi kode warna berdasar kategori risiko kesehatannya. Pilar kelima adalah Medical Monitoring & Wellness Warrior. Karyawan dengan kondisi medis khusus dimonitor agar dapat tetap produktif. Karyawan juga diajak mengikuti kompetisi kesehatan untuk menumbuhkan motivasi hidup sehat.

Selain fokus pada kesehatan, perusahaan juga berkomitmen untuk menjadi perusahaan ramah keluarga dan kesejahteraan karyawan dengan pemberian manfaat seperti cuti melahirkan berbayar selama 6 bulan serta cuti ayah selama 10 hari, dan ditunjang dengan program pendampingan ibu menyusui bagi karyawati. Perusahaan juga menyediakan ruang laktasi yang nyaman di lokasi kerja, program Day Care ketika menjelang hari raya hingga manfaat asuransi yang mengcover biaya persalinan dan imunisasi anak.

Selain itu, terkait dengan kesejahteraan finansial, setiap karyawan diberikan hak kepemilikan saham Danone dalam porsi tertentu dan dibekali dengan edukasi berkala dari financial advisor. Untuk menunjang kesejahteraan sosial, perusahaan juga mengadakan sesi team building di luar area kerja dan beberapa acara family gathering. Danone Indonesia berharap segala upaya yang dilakukan ini dapat bermanfaat untuk karyawan dan menginspirasi publik untuk peduli terhadap kesehatannya.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved