Automotive

Pahami Mengemudi di Jalan Tol, Kalau Tidak Ini Akibatnya

Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan tol baru Bengkulu-Taba Penajung. Berdasarkan informasi dari Kementerian PUPR ditargetkan di akhir 2023 akan ada 13 ruas tol baru. Infrastruktur ini diharapkan bisa memperlancar mobilitas bagi pengendara yang suka mengemudi ke luar kota.

Namun perlu dipahami, meski jalan bebas hambatan, mengemudi kendaraan di jalan tol bukan perkara mudah. Ini berbeda jauh dengan kondisi berkendara di jalan umum biasa. Bahkan akhir-akhir ini kembali sering diberitakan mengenai kecelakaan di jalan tol yang beberapa di antaranya sampai merenggut korban jiwa.

Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 mengatakan bahwa pengemudi perlu memahami berbagai hal saat berkendara di jalan tol agar terhindar dari kecelakaan. Pengemudi perlu paham tentang kendisi jalan, marka dan rambu jalan. “Pahami juga tentang skill pengendara yang berbeda-beda. Upayakan dalam berkendaraa tidak melakukan manuver-manuver yang bisa membahayakan pengendara yang lain,” ujarnya.

Selanjutnya, pahami juga pentingnya fitur keamanan. Manfaatkan fitur kesalamtan yang terdapat di dalam mobil. Perlu pengendalian emosi saat berkendara dan pahami pula kondisi tubuh saat berkendara. Bila kurang fit, sebaiknya tidak usah mengemudikan mobil apalagi di jalan tol.

Tak kalah penting pula, pahami juga kondisi mobil. Masih banyak pemilik mobil yang tidak mau tahu kondisi komponen mobil. Begitu bermasalah seperti rem blong atau terkena aquaplaning, baru sadar pentingnya menjaga kondisi mobil.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved