Trends

FHI Pameran Hospitality dan F&B Diikuti 750 Perusahaan

Lebih dari 750 perusahaan baik lokal (nasional) maupun internasional turut ambil bagian dalam Pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2023 yang telah resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA, pada Selasa, 25 Juli 2023.

Pameran ini akan berlangsung dari 25 – 28 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO), mempertemukan ribuan pengusaha, pelaku bisnis, profesional, supplier, distributor, hingga konsumen dan penggiat di sektor bidang perhotelan (hospitality), makanan dan minuman (food & beverages atau F&B) di Indonesia.

Juanita Soerakoesoemah selaku Event Director FHI 2023 dalam sambutan pembuka di acara FHI 2023 bersama Hotelex Indonesia dan Finefood Indonesia serta Retail Indonesia, mengungkapkan bahwa FHI menjadi bentuk dukungan PT Pamerindo Indonesia terhadap akselerasi pertumbuhan industri perhotelan dan F&B yang berkelanjutan di Indonesia.

Sebelumnya FHI diselenggarakan setiap 2 tahun sekali, namun tahun 2023 ini FHI kembali dan resmi menjadi ajang pameran tahunan setelah sukses mempertemukan 32 ribu pengunjung dengan ratusan perusahaan peserta pameran di tahun 2022 lalu. “Pada edisi ke 17 kali ini, kami hadirkan sinergi bisnis ke lebih dari 750 perusahaan yang terdiri dari lebih dari 450 perusahaan lokal atau nasional dan 300 perusahaan dari luar negeri dari 30 negara/wilayah,” ungkap Juanita.

Juanita menambahkan, FHI sebagai pameran dagang bidang hospitality dan F&B terlengkap di Asia Tenggara, menjadi ajang yang dapat memberikan akses kepada para pelaku usaha dan professional bertemu banyak perusahaan penyedia produk dan jasa di industri ini. “FHI merupakan momentum untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing di pasar global sehingga dapat memajukan industri dalam negeri, terutama pascapandemi,” imbuhnya.

Pertumbuhan ekonomi nasional tahun 2023 ditargetkan oleh Kementerian Keuangan berada pada rentang 5,3 hingga 5,9%, melampaui target pertumbuhan 5,2% di tahun 2022. Sejalan dengan itu, pendapatan pada industri F&B di Indonesia juga diproyeksikan mencapai tingkat pertumbuhan tahunan atau Annual Growth Rate (CAGR 2021-2025) sebesar 10,79%, yang diperkirakan akan menghasilkan volume pendapatan pasar sebesar US$ 4,346 juta di tahun 2025. Hal ini membuat pasar di sektor ini terus berkembang dan menguntungkan bagi investor dan perusahaan asing.

Seperti gelaran sebelumnya, FHI 2023 menghadirkan beragam kategori produk yang dibutuhkan oleh pelaku usaha di industri perhotelan dan F&B, dari produk dalam negeri maupun mancanegara. Di antaranya, mulai dari bakery, pastry & gelato, dairy, food ingredients, frozen food, halal, vegan, natural & organic, meat, seafood, processed food, snacks & confectionery, coffee & tea, drinks, beers, wine-spirit & alcoholic drink, foodservice equipment, foodservice & technology, hospitality design & supplies, dan hospitality technology.

Selain itu, dihadirkan pavilion khusus per negara yang memudahkan pengunjung mendapatkan akses produk dan jasa unggulan dari negara lain seperti Australia, China, India, Malaysia, South Korea, Taiwan, dan Amerika Serikat.

Dalam mendukung pertumbuhan bisnis di sektor tersebut, FHI 2023 juga menghadirkan beragam acara pendukung yang digelar oleh berbagai partner asosiasi maupun komunitas professional di industri. Juanita menerangkan bahwa semua yang hadir di FHI 2023 berkesempatan lebih untuk belajar langsung dari para ahli sekaligus menjalin koneksi dengan para profesional. Sebut saja diselenggarakan kembali the 13th Salon Culinaire, merupakan kompetisi adu keahlian kuliner chef internasional dari berbagai kategori, yang diselenggarakan oleh kolaborasi antara Association Culinary Professionals Indonesia (ACP) dengan oleh Indonesia Pastry Alliance (IPA) dan disponsori oleh Keisi, Rotaryana, dan Lotus Food Services.

Ada pula Asia Pastry & Baking Challenge yang disponsori oleh Mega Global Tech dan diselenggarakan oleh IPA. Sedangkan bagi pecinta coklat dihadirkan Spirit of Indonesian Chocolate oleh IPA dan Indonesia Sommelier Association (ISA), yang menggelar workshop untuk mengetahui lebih dalam seputar cokelat di Indonesia.

Rahmat Kusnaedi selaku Presiden IPA mengatakan, industri yang saat ini tengah berkembang pesat adalah pastry dan baking, namun belum ada kompetisi kategori tersebut di seluruh dunia. Hal tersebut yang mendorong IPA menggelar Asia Bakery & Pastry Challenge di FHI 2023. “Kompetisi ini akan menginspirasi praktisi pastry dan bakery karena apa yang dilombakan hasilnya akan selalu menjadi trend pastry dan bakery kedepannya,” ujar Rahmat.

Selain makanan, FHI 2023 juga diramaikan dengan kompetisi minuman yaitu Indonesia Coffee Events (ICE) oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI). Lalu, kegiatan terbaru yang hadir di FHI 2023, yaitu Coffee Talk oleh Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) dan Barnation, sebuah kompetisi bartender kolaborasi dengan Indonesia Food & Beverage Executive Association (IFBEC) yang disponsori oleh Nano Logistic dan Jaddi Internasional.

Selain itu terdapat F&B Innovation Awards, IFBEC Talk Show dan Craft to Beer Fest, sebuah acara Networking Day untuk praktisi industri, vendor maupun supplier berkumpul dan saling berbagi ide sembari berdiskusi tentang update kondisi terkini di industri minuman.

Marketing Communication Manager FHI 2023, Leonarita Hutama menambahkan bahwa beragam kompetisi dan kegiatan menarik yang dihadirkan dalam FHI 2023 diharapkan dapat turut mendukung kemajuan industri nasional. Di menyebutkan beberapa asosiasi dan lembaga lain di industri seperti Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA), BULOG dan APEDA, dan LPPOM MUI juga turut bergabung dalam FHI 2023, hadirkan beragam seminar dengan topik yang menarik.

Pameran FHI 2023 mengangkat tema ‘Counteract the Environmental Impact Through Sustainability Towards the Global Market‘ yang mendukung pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan melalui inovasi untuk meningkatkan akses pasar global sekaligus mengakselerasi dampak positif terhadap lingkungan melalui sustainability movement.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved