Strategy

Sasar Gen Z dan Milenial, Klinik Estetika Ini Siap Buka Gerai ke-18

Berdiri sejak tahun 1987, Klinik Estetika dr. Affandi berinovasi agar tetap relevan dengan zaman. Salah satu cara yang ditempuh adalah mengadakan kampanye ‘Happy Jadi Diri Sendiri’ yang menyasar Gen Z dan Generasi Milenial. Kedua generasi tersebut dipilih lantaran, menurut sensus tahun 2020, komposisi penduduk Indonesia sebagian besar berasal dari Gen Z sebesar 27,94 persen. Diikuti oleh generasi milennial 25,87 persen dari total penduduk Indonesia.

“Saat ini, banyak remaja yang sudah memiliki berbagai permasalahn kulit seperti jerawat. Hal itu, dikarenakan mereka sudah lebih cepat menstruasi, sehingga memengaruhi kulit dan hormon mereka,” kata Hengky N. Affandi, CEO Klinik Estetika dr. Affandi yang juga merupakan generasi kedua klinik tersebut.

Kampanye tersebut, kata dia, ditujukan untuk mendukung masyarakat agar mereka nyaman menjadi dirinya sendiri terlepas dari permasalahan kulit yang dimiliki. Genap berusia 36 tahun, klinik Estetika dr. Affandi kini telah memiliki 12 cabang di kota-kota besar di Indonesia yang meliputi Jakarta, Solo, Jogjakarta, Semarang, Cirebon, Surabaya, Denpasar, Medan, dan Makasar. “Di tahun ini, kami akan membuka 2 klinik lagi di Palembang dan Pekanbaru,” kata dia menambahkan.

Meskipun mengalami perlambatan pada periode pandemi Covid-19, Hengky mengatakan, pihaknya tetap melakukan inovasi pada periode tersebut. Dengan memperkuat digitalisasi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. “Kami sudah lama memiliki aplikasi sudah sejak zaman BlackBerry dan Windows. Sebelum orang masuk ke sana, kami sudah masuk duluan. Namun momentum Covid-19 membuat kami fokus mengembangkan IoS dan Andorid,” tuturnya.

Cara tersebut dilakukan akibat PPKM yang diberlakukan pemerintah yang membuat konsumen tidak bisa datang ke klinik. Aplikasi tersebut, kata dia, sangat membantu konsumen yang tetap ingin melakukan perawatan. Pada aplikasi tersebut, Hengky menceritakan, konsumen bisa berkonsultasi masalah kulit melalui video secara real time, live chat, dan konsultasi melalui foto. “Mereka cukup mengisi form dan dokter akan menganalisa kulit mereka dan memberikan resep. Aplikasi juga bisa digunakan untuk membeli perawatan kulit kami,” kata dia.

Di bidang produk, klinik Estetika dr. Affandi juga meluncurkan skincare dengan brand Eksotika. Produk tersebut dibuat untuk masyarakat yang masih merasa takut untuk berkonsultasi ke klinik kecantikan. Lebih jauh, Henky meyebutkan, formulasi yang dipakai telah disusun secara personal untuk setiap pasien sehingga efektif untuk kulit mereka.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved