Trends Economic Issues

Teken Kontrak Rp740 Miliar, Kapal PIS Resmi Punya 26 Rute Pelayaran Internasional

Kantor cabang PT Pertamina International Shipping (PIS) di Middle East yakni PIS ME berhasil mengantongi empat transaksi bisnis sekaligus dengan para pemain global. Empat kerja sama tersebut untuk kapal milik PIS, yakni kapal Gas Walio, Gas Widuri, Gas Arjuna, dan Gas Ambalat. Kapal Gas Arjuna dan Ambalat disewa oleh SHV Gas Supply & Risk Management. Sementara Gas Walio disewa Geogas Trading SA, dan Gas Widuri disewa oleh Vitol SA

“Penandatanganan kerja sama ini menandakan keberhasilan agresivitas PIS ME dalam meningkatkan pendapatan di pasar internasional, sekaligus membuktikan pembelaan armada-armada milik PIS yang memenuhi kualifikasi untuk mengarungi perairan skala global,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi, dikutip dalam keterangan resmi di Jakarta (28/07/2023).

Adapun, total kontrak dari 4 kerja sama tersebut mencapai US$49,34 juta atau setara dengan Rp740,15 miliar (kurs dolar Rp 15.000). Jumlah tersebut untuk durasi kontrak selama 6 bulan hingga 3 tahun. Kerja sama ini sekaligus menambah rute baru armada PIS di perairan internasional. Sejumlah negara baru dilewati armada PIS diantaranya Chile (Amerika Selatan), Puerto Rico (Amerika Serikat), Republik Dominika (Karibia), Tanzania, Polandia, hingga Portugal.

Andra Palawi, Country Manager PIS ME menambahkan, selain sukses komersialisasi 4 kapal tersebut, PIS ME juga melakukan terobosan bisnis yang menambah pendapatan perusahaan. “Untuk pertama kalinya, Pertamina melalui PIS ME melakukan kerja sama pool tanker dengan Neptune VLGC Pool melalui skema TC-syndication untuk 1 unit kapal VLGC masuk ke dalam pool.

“Di mana kapal-kapal PIS akan mendapatkan potensi bisnis persewaan kapal dengan tarif market internasional. Sebagai informasi tambahan, adanya kerja sama tersebut, terhitung selama kuartal II, PIS ME berhasil meraih profit US$865 ribu atau setara dengan Rp12,97 miliar (kurs dolar Rp15.000).” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved