CSR Corner

Komitmen Watsons dan Mitra Bisnis Mendorong Upaya Keberlanjutan

Watsons, merek kesehatan dan kecantikan dari Amerika Serikat (Watsons Group) berkomitmen percepat upaya keberlanjutan untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan. Menjelang Hari Konservasi Dunia, Watsons mengumumkan kemitraan dengan Kenvue, L’Oréal, dan P&G untuk menuju masa depan yang lebih berkelanjutan. Kolaborasi ini akan memanfaatkan keahlian kolektif dari Watsons dan mitra pemasok untuk memperkuat dampak inisiatif keberlanjutan.

Malina Ngai, CEO A.S. Watson (Asia & Eropa) berujar, “Bagi Watsons, keberlanjutan adalah inti dari bisnis perusahaan dan kami menyadari pentingnya dalam memprioritaskan hal tersebut. Sebagai pelaku industri , kami bertanggung jawab untuk memimpin dengan memberi contoh, mendorong mitra pemasok untuk bergabung bersama dalam perjalanan membangun dunia yang lebih baik. Kami percaya bahwa hanya dengan bekerja sama, kita dapat menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi planet kita.”

Selain menyediakan produk pilihan yang berkelanjutan, kolaborasi dengan mitra pemasok Watsosn juga telah melampaui jangkauan hanya produk saja. Mereka pun bekerja sama untuk menjalankan berbagai inisiatif keberlanjutan untuk melibatkan setiap pelanggan.

Kolaborasi dengan Kenvue telah menghasilkan Green Smiles Campaign di seluruh wilayah Asia, yang bertujuan dalam menginspirasi pelanggan untuk bertindak ramah lingkungan bersama saat berbelanja. Di Watsons Taiwan, Kenvue akan menanam satu pohon untuk setiap pelanggan yang membeli sustainable product. Sementara pelanggan Watsons Indonesia akan membantu menyelamatkan seekor penyu dengan membeli produk sustainable choices. Di Thailand, pelanggan akan dapat mempelajari kiat-kiat keberlanjutan melalui gamifikasi dan mengikuti aktivitas pembersihan pantai bersama KOL.

Thibaut Mongon, CEO Kenvue berkata, “Kenvue berkomitmen terhadap perawatan sehari-hari mencakup planet kita. Kami bersemangat untuk meluncurkan kampanye yang dibuat bersama, Green Smiles, dan melanjutkan kolaborasi jangka panjang i dengan A.S. Watson.”

Di Hong Kong, Watsons dan P&G telah berkolaborasi dalam program Plastic Reborn untuk mendorong pelanggan mendaur ulang wadah plastik. Sejak diluncurkan pada tahun 2021, lebih dari 530.000 botol telah didaurulang. Berdasarkan keberhasilan program tersebut, tahun ini kami berencana untuk mengolah kembali botol plastik yang dikumpulkan melalui program Plastic Reborn dan mengubahnya menjadi bahan cetak 3D yang cocok untuk pendidikan STEM di sekolah dasar dan menengah.

James Lin, Presiden Procter & Gamble Hong Kong & Taiwan, berkata, “Melangkah di tahun ke-3 program, kami arahkan pada penggunaan kembali plastik daur ulang di sekolah pendidikan STEM untuk mengikutsertakan generasi muda dalam membangkitkan kesadaran keberlanjutan dan inspirasi pada solusi limbah plastik.”

Sementara itu, di pasar Hong Kong, Taiwan, Filipina, Thailand, dan Indonesia, Watsons tbekerja sama dengan L’Oréal untuk menjalankan kampanye daur ulang Beauty for Future. Pelanggan dapat mendaur ulang berbagai kemasan kecantikan, mulai dari botol alas bedak, kemasan tabung perawatan kulit, hingga cangkang lipstik di toko Watsons. Kampanye ini mendapat dukungan luar biasa dari pelanggan, menghasilkan hampir 200.000 botol yang didaur ulang hanya dalam satu tahun.

Jean-Marc Cazenave, Global Sustainability Director (Consumer Products Division) L’Oréal menjelaskan, berkat kemitraan regional dengan Watsons, pihaknya melibatkan konsumen melalui kampanye daur-ulang yang sedang berlangsung untuk lebih lanjut mengembangkan pengumpulan kemasan kosong di dalam toko guna membangun kecantikan yang lebih berkelanjutan.

Edukasi keberlanjutan yang berkesinambungan memainkan peran penting dalam menginspirasi pelanggan untuk melakukan perubahan perilaku. Watsons telah meluncurkan Sustainable Month untuk mendorong pelanggan mengurangi sampah plastik dengan membuat pilihan yang lebih cerdas dan berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kampanye media sosial selama sebulan memberikan tips and hacks bagi pelanggan untuk berkontribusi pada masa depan yang berkelanjutan.

Selain itu, VR Hub inovatif juga telah diluncurkan untuk membantu pelanggan mendapatkan hadiah eksklusif dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan melalui video edukasi, game interaktif, dan eksplorasi produk sustainable choices yang lebih banyak.

Ngai menyimpulkan, pihaknya percaya bahwa green is the new beautiful dan masing-masing dari kita memiliki peran penting untuk dimainkan dalam membuat perbedaan yang berarti. Watsons akan terus menginspirasi lebih banyak mitra bisnis dan pelanggan untuk bekerja sama dan menciptakan dampak yang signifikan. “Dengan merangkul tujuan sosial ‘Look Good, Do Good Feel Great’, kami berkomitmen untuk membangun dunia yang lebih baik dan berkelanjutan bagi lebih banyak generasi mendatang,” dia menambahkan.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved