Trends

Semester I 2023, DANA Catat Pertumbuhan Transaksi 50%

Ilustrasi penggunaan dompet digital DANA

DANA (PT Espay Debit Indonesia Koe), perusahaan teknologi keuangan berbasis dompet digital yang menyediakan platform pembayaran dan layanan keuangan di Indonesia, berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi hingga mencapai 50% dibandingkan tahun 2022. Pertumbuhan positif DANA didukung oleh tiga faktor utama yaitu pembaharuan fitur dan layanan, kemitraan, dan inisiatif sosial jadikan DANA #BukanDompetBiasa dan solusi keuangan modern bagi penggunanya.

“DANA mengalami pertumbuhan positif di awal tahun 2023 sebagai opsi pembayaran digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut terlihat pada pertumbuhan signifikan dari layanan dan fitur-fitur yang dimiliki DANA seperti fitur Kirim Uang (Send Money) mencapai pertumbuhan lebih dari 200%, fitur dan layanan Tagihan (Biller) lebih dari 140%, Pulsa & Data lebih dari 160%, dan transaksi QRIS mencapai lebih dari 300%. Pertumbuhan ini juga terlihat dari layanan keuangan lainnya seperti asuransi di DANA Siaga yang mencapai lebih dari 1300% dan DANA eMAS hingga mencapai 144%,” ungkap Rangga Wiseno, Chief of Product DANA Indonesia.

DANA mengawali tahun 2023 dengan mendukung inisiatif Bank Indonesia menuju Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, seperti implementasi BI-FAST dan QR Cross Border Malaysia. Selain pengembangan layanan dan inovasi pada fitur di aplikasi, DANA juga turut aktif berkontribusi pada masyarakat melalui inisiatif-inisiatif sosial yang berfokus pada pendampingan dan pelatihan UMKM di Indonesia.

DANA terus memperbaharui berbagai opsi pengiriman uang di dalam aplikasinya. Fitur seperti ‘Favorite Account’ dan ‘Send to Group’ hadir untuk melengkapi kemudahan pengguna dalam bertransaksi melalui dompet digital. Selain itu, DANA juga didukung oleh ekosistem yang terbuka dan luas, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengisi ulang saldo ke aplikasi lainnya yang tersedia dalam ‘Saldo Digital’.

DANA juga bekerjasama dengan berbagai mitra untuk meningkatkan layanan demi kemudahan penggunanya dalam bertransaksi digital. Mulai dari layanan remitansi atau transaksi luar negeri, transaksi nontunai di minimarket, serta memperluas kerjasama dengan pemerintah.

Sebagai bentuk inovasi dan pemberian layanan, DANA mengajak pengguna untuk mengeksplorasi fitur dan layanan yang tersedia dalam aplikasi DANA. Misalnya seperti fitur ‘Wallet’, di mana pengguna dapat merasakan kemudahan menyimpan kartu debit secara digital di DANA ataupun voucher online dalam fitur DANA Deals. DANA juga menempatkan peningkatan sistem keamanan bagi pengguna sebagai prioritas.

“Saat ini kami juga fokus untuk terus meningkatkan keamanan pengguna dengan beberapa pembaharuan seperti, menyediakan Resolution Center, mengembangkan chatbot DIANA, dan menjaga keamanan dengan verifikasi OTP multi kanal seperti SMS, Whatsapp, Telepon, dan Push Verify. Ini semua dilakukan sebagai wujud komitmen DANA #BukanDompetBiasa yang selalu siap menjadi solusi keuangan modern bagi semua penggunanya,” tutur Rangga.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved