Trends Economic Issues zkumparan

JIF 2023 Tawarkan 21 Projek, Ada LRT hingga Ancol

Jakarta Investment Forum 2023. (dok Layanan Jakarta)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Jakarta Investment Forum (JIF) 2023. Forum bisnis dan investasi tahunan di Jakarta ini, akan digelar secara hybrid pada Kamis (03/08/2023). Dalam JIF 2023, sejumlah proyek akan ditawarkan, mulai dari proyek PT MRT, Transjakarta, hingga Ancol.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra, mengungkapkan, pada tahun ini JIF mengusung tema Global City and Beyond. Ia menjelaskan, tema tersebut diusung untuk mendukung komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka mewujudkan Jakarta sebagai Global City.

“Tema JIF 2023 diangkat sejalan dengan semangat Jakarta untuk memperkuat posisinya sebagai global city pasca rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Nusantara,” kata Benni. JIF 2023 akan mengundang mitra potensial nasional maupun internasional, untuk berpartisipasi dalam pembangunan Jakarta ke depan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Arlyana Abubakar menyambut baik dan mendukung penuh Jakarta Investment Forum (JIF) 2023 dalam mempromosikan berbagai proyek investasi potensial di Jakarta. BI berharap semakin banyak pihak yang memiliki pemahaman tentang besarnya potensi ekonomi Jakarta, gambaran proyek strategis dan potensial, serta kesiapan Jakarta menerima calon investor untuk bersama-sama mendorong transformasi Jakarta sebagai Global City.

Arlyana mengungkapkan, di tengah risiko global momentum pemulihan ekonomi Jakarta masih terus berlanjut. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2023 diperkirakan masih tetap kuat yaitu tumbuh pada kisaran 4,5% – 5,6%, yang tentunya juga didukung oleh kinerja investasi di Jakarta.

“Upaya dan sinergi dari Pemprov DKI Jakarta dan berbagai sektor, telah berhasil menggerakkan berbagai proyek investasi sehingga memberikan dorongan tambahan bagi pertumbuhan ekonomi dan memperluas kesempatan kerja. Ke depan peran investasi akan semakin penting guna mewujudkan Jakarta sebagai kota global pasca pemindahan IKN,” ujar Arlyana.

Berbagai tantangan pun akan dihadapi Jakarta sebagai kota global. Namun begitu, Arlyana menilai tantangan itu nantinya dapat menjadi peluang bagi investor untuk melakukan investasi di berbagai sektor seperti transportasi, TOD, penyediaan air bersih, pengolahan limbah, infrastruktur kendaraan listrik, serta kawasan industri dan komersial hijau.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Cahyo Satrio Prakoso, mengungkapkan ada sejumlah proyek potensial yang siap ditawarkan pihaknya dalam gelaran Jakarta Investment Forum 2023. Pertama yaitu LOT A Ancol Residential Development, area yang terletak di kawasan utara Ancol dan berbatasan langsung dengan kawasan pantai itu memiliki luas mencapai 1,7 hektare.

“Di sini kami bisa mengembangkan total luas areanya sampai dengan 1,7 hektar, jadi dengan peruntukannya sebagai residential development. Selain LOT A, Cahyo menyebut pihaknya juga menawarkan proyek LOT B yang memiliki luas sekitar 3,1 Hektar. Cahyo mengatakan, kawasan LOT B Ancol itu nantinya diperuntukan sebagai mixed use.

“Mixed use merupakan peruntukan campuran antara residential kemudian retail, dan komersial, jadi disini ada beberapa kawasan komersial yang bisa dipadu dan harapannya kita bisa mulai tahun 2027. Adapun proyek potensial investasi lainnya yang ditawarkan Ancol di antaranya: New Marina Ancol, Putri Duyung Resort, East Ancol Mixed Use Development, West Ancol Mixed Use Development, Ancol Hotel, dan Ecopark Mixed Use Development,” katanya.

Kepala Jakarta Investment Centre (JIC), Tona Hutauruk mengungkapkan termasuk Ancol, JIF 2023 total akan menghadirkan 21 proyek investasi dari 5 Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta. “Kelima BUMD itu PT MRT Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP),” kata Kepala Jakarta Investment Centre (JIC), Tona Hutauruk dalam konferensi pers yang disiarkan melalui Zoom, Senin (31/7/2023).

Adapun Projek-projek yang ditawarkan pada JIF 2023 antara lain sebagai berikut:

1. Fatmawati Extended Concourse

2. Bundaran HI Extended Concourse

3. Dukuh Atas Pedestrian Deck

4. Fatmawati Mixed Use

5. Blok M Mixed Use

6. LOT A Ancol Residential Development

7. LOT B Ancol Mixed Use Development

8. New Marina Ancol

9. Putri Duyung Resort

10. East Ancol Mixed Use Development

11. West Ancol Mixed Use Development

12. Ancol Hotel

13. Ecopark Mixed Use Development

14. Depo LRT Development

15. LRT Jakarta Phase 2A-2B

16. BRT Transjakarta Shelter

17. JIEP Lot 4 Project

18. Pedestrian Shelter Redevelopment

19. Medical & Biomedical Waste Facilities

20. Regional Waste Processing Facilities

21. Green Shelter Electricity

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved