Capital Market & Investment zkumparan

BELL Praktikkan Operational Excellence, Laba Bersih Melonjak 47%

Pabrik BELL (Foto : Istimewa).

PT Trisula Textile Industries Tbk (BELL) pada Semester I/2023 meningkatkan penjualan sebesar 16,7% atau menjadi Rp 237,4 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Laba bersih terdongkrak 47,5%, menjadi Rp 10,2 miliar. Faktor pendorong laba bersih antara lain berkat momen Idul Fitri yang terjadi pada Kuartal II-2023. Segmen ritel BELL yang mengusung merek JOBB dan Jack Nicklaus berhasil membukukan penjualan sebesar Rp 81,3 miliar, meningkat sebesar 36,8%.

BELL mampu mempertahankan operational excellence yang meningkatkan efisiensi operasional. Hal ini terlihat pada marjin laba kotor BELL sebesar 32,6%, meningkat dibandingkan semester I/2022 sebesar 31,3%. Dalam segi nominal, laba kotor BELL juga bertumbuh sebesar 21,8% menjadi Rp 77,4 miliar. Selain itu, marjin laba operasional yang mengalami peningkatan 7,8%, dibandingkan 7,5% . Laba operasional juga meningkat sebesar 21,1% menjadi Rp 18,5 miliar. Marjin laba bersih terjadi peningkatan di angka 4,3%, meningkat dibandingkan 3,4%.

Karsongno Wongso Djaja, Direktur Utama BELL menjelaskan operational excellence yang diterapkan adalah kunci keberhasilan perseroan. “Kami bisa memproduksi kain khusus dan menghasilkan kain sesuai dengan kriteria pelanggan dengan tetap menghasilkan marjin keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan kain standar. Untuk jangka panjang kami mengharapkan strategi ini akan membuahkan Sustainable Growth,” ujar Karsongno pada Kamis (03/08/2023).

Emiten penyedia kain, seragam, dan fashion ini memiliki mesin tekstil mutakhir yang bisa meningkatkan efisiensi biaya operasional dan tenaga kerja terlatih yang turut memberikan nilai tambah pada produk yang dihasilkan. Perseroan juga tetap memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), antara lain melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang 50% limbah air digunakan kembali digunakan dalam proses produksi. Untuk upaya ini BELL dianugerahi Penghargaan Industri Hijau level 5 dan penghargaan INDI 4.0 dari Kementerian Perindustrian pada 2022BELL merencanakan pembukaan 14 titik penjualan baru di tahun 2023, apa lagi setelah menerima respon penjualan positif pada perayaan Idul Fitri di Kuartal II lalu.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved