Trends Economic Issues

Penyaluran Paylater Koinworks Tembus Rp52 Miliar di Semester I 2023

UMKM warung mitra Buku Warung. (Dok. Koinworks)

Koinworks mencatat penyaluran pembiayaan KoinPaylater senilai Rp52 miliar sepanjang semester I 2023. KoinPaylater menjadi opsi pembayaran yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses barang, bahan baku, ataupun keperluan operasional usaha dengan cepat dan aman. Inovasi ini selaras dengan misi Kementerian Koperasi dan UKM dalam transformasi digital, sehingga semakin banyak UMKM dapat mengakses layanan digital.

Dengan limit pinjaman hingga Rp2 miliar dan tenor maksimal 180 hari, KoinPaylater menawarkan proses pendaftaran yang mudah bagi calon mitra, sekaligus membuka peluang untuk menggaet pelanggan lebih luas.

Hingga kini, Koinworks telah menggandeng sejumlah mitra supplier barang, penyedia layanan marketplace, hingga pelaku bisnis B2B. Layanan buy now pay later (BNPL) ini telah menjangkau sektor farmasi, konstruksi, pertanian dan perikanan, FMCG, dan beberapa industri lainnya.

Benedicto Haryono, CEO dan Co-Founder Koinworks mengatakan, pembiayaan melalui produk pay later merupakan sebuah peluang baru untuk memberikan permodalan dengan skema yang semakin relevan dengan kebutuhan UMKM.

“Diharapkan semakin banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan KoinPaylater, sehingga pelanggannya bisa berbelanja dengan lebih nyaman, sekaligus mengatur cash flow usahanya dengan lebih baik,” ujarnya.

Salah satu mitra KoinPaylater, Jordy Salim selaku CEO Tokban yang merupakan marketplace bahan bangunan menyampaikan bahwa fasilitas ini memudahkan para pegiat usaha di bidang konstruksi. Banyak dari mereka yang kini bisa memperoleh kebutuhan seperti batu bata, semen, pipa PVC, dan lain-lain tanpa terkendala modal di awal.

Manfaat ini juga dirasakan oleh Susan, pemilik toko bangunan di Bogor, “Berkat Tokban PayLater, saya bisa membeli kebutuhan bahan bangunan dengan pembayaran tempo. Hal ini sangat membantu toko saya untuk berkembang, karena saya dapat belanja barang-barang baru untuk melihat kebutuhan pasar, tanpa harus menambahkan modal dari sebelumnya,” terang Susan.

Pengguna lainnya yakni Roni Junio Adha, pemilik toko kelontong dan konter pulsa, sehari-hari menggunakan BukuWarung untuk memudahkan operasional usaha, seperti QRIS, fitur pembayaran, hingga pembukuan. Dengan fitur Solusi Modal Usaha, produk layanan keuangan hasil kerja sama antara BukuWarung dan Koinworks, Roni dapat meningkatkan penjualannya.

“Saya membeli stok dan kebutuhan toko menggunakan Solusi Modal Usaha di BukuWarung karena bisa menentukan jatuh tempo pembayaran yang fleksibel. Setelah barang terjual, saya bisa mengembalikan, dan tidak disangka penjualan semakin meningkat dalam beberapa bulan,” ujarnya.

Benedicto menyebut, saat ini KoinPaylater dilengkapi dengan sistem pengajuan yang terdigitalisasi sepenuhnya untuk pinjaman hingga Rp50 juta. Dengan mekanisme instant approval, pengguna dapat mengajukan limit pinjaman dan menerima persetujuan di hari yang sama. Tercatat 80% dari pengguna telah menggunakan fitur ini untuk mendukung operasional usaha mereka.

Untuk percepatan penyaluran produk pinjaman ini, Koinworks juga telah berkolaborasi dengan salah satu pemain besar di industri fesyen, dan berkomitmen untuk berkolaborasi dengan lebih banyak perusahaan di berbagai daerah.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved