Marketing Trends

Teman Bumil Mudahkan Belanja Produk Kebutuhan Ibu Indonesia

Teman Bumil, sejak awal dikembangkan, bertujuan mendampingi perjalanan ibu Indonesia mulai dari masa sebelum hamil hingga anak berusia 5 tahun.

Selain memberikan edukasi melalui aplikasi dan berbagai platform sosial media, pada tahun 2022 Teman Bumil juga membentuk komunitas yang saat ini anggotanya sudah mencapai lebih dari 100.000 orang, terbagi menjadi grup-grup di WhatsApp dengan anggota lebih dari 23.000 orang dan juga di aplikasi Teman Bumil dengan anggota lebih dari 80.000 orang.

Di komunitas Teman Bumil ini, para anggotanya bisa saling berbagi informasi tentang kehamilan, promil, menyusui, pengasuhan anak, sekaligus mendapatkan edukasi dari ahli secara gratis.

“Kami tidak menduga bahwa dalam waktu kurang dari 1 tahun, Mums yang bergabung di komunitas Teman Bumil, baik melalui aplikasi maupun WhatsApp grup ternyata melebihi ekspektasi. Mereka juga sangat aktif bertanya dan berbagi informasi di grup. Maka, salah satu tujuan kami mengadakan Mums Festival adalah menjadi ajang silaturahmi, di mana seluruh anggota komunitasTeman Bumil yang hadir bisa bertemu secara langsung untuk pertama kalinya dan mendapatkan berbagai kesenangan di sini,” jelas Chief Strategy Officer Teman Bumil Ruth Retno Dewi.

Guna memudahkan Teman Bumil mengenalkan fitur terbaru di aplikasi, yaitu BelanjaProduk. Ini adalah fitur berbelanja secara daring, yang memudahkan para ibu Indonesia berbelanja kebutuhan produk kehamilan maupun perawatan bayi dan anak.

Ada banyak harga promo yang ditawarkan bagi pengguna aplikasi Teman Bumil. Selain itu, yang hanya ada di fitur Belanja Teman Bumil dan sudah menjadi daya tarik pengguna adalah produk layanan. Beberapa layanan yang disediakan mulai dari paket USG 2D sampai 4D, paket persalinan, paket konsultasi dokter, hingga layanan tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Sebelum diluncurkan, Teman Bumil Sudah melakukan survei pada pengguna aplikasi Teman Bumil, tentang preferensi belanja ibu-ibu di aplikasi Teman Bumil. Hasilnya menunjukkan, selain paket USG dan persalinan, layanan yang paling banyak dipilih oleh para Mums adalah pijat bayi dan spa (18,51%), diikuti vaksin (17.85%), dan fotonewborn (16,25%).

Saat memutuskan belanja layanan, hal yang dipertimbangkan Mums adalah ada review yang bagus, harga yang murah, dan admin yang responsif. Teman Bumil juga menyediakan layanan kelas-kelas dan workshop online yang ternyata juga diminati oleh para Mums. Misalnya, 68,16% Mums tertarik untuk dibuat sesi prenatal yoga online secara rutin.

“Meskipun saat ini sudah banyak marketplace besar di Indonesia, pasar untuk fitur Belanja di Teman Bumil masih sangat terbuka. Kita punya lebih dari 4 juta pengguna di aplikasi Teman Bumildari kelompok milenial bahkan gen Z yang memiliki kebiasaan berbelanja secara online. Dari hasil survei kami, para Mums tertarik untuk berbelanja di fitur Belanja Teman Bumil, apalagi kami juga memberikan paket-paket layanan yang berguna untuk ibu hamil dan ibu muda. Jadi fitur Belanja Teman Bumil ini adalah marketplace yang paling mengerti ibu Indonesia,” jelas Ruth.

Dalam rangka peluncuran fitur belanja produk, Teman Bumil sudah menyiapkan harga khusus berupa diskon 25% pembelian pertama dengan minimal belanja Rp100.000.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved