Management Trends

3 Inisiatif Otto Pharmaceutical Jaga Keberlanjutan Industri Farmasi

Otto Pharmaceutical

Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi limbah farmasi, Otto Pharmaceutical menjalankan kegiatan operasional yang ramah lingkungan. Dengan mengadopsi prinsip-prinsip Green Manufacturing yang berfokus pada 3R (Reduce, Reuse, Recycle) perusahaan farmasi ini mengintegrasikan tiga inisiatif utama yaitu inisiatif Water Management, Digitization Program, dan Manajemen Limbah.

Program Water Management yang telah dijalankan oleh perusahaan manufaktur farmasi ini berhasil mengurangi penggunaan air secara signifikan. Caranya dengan mengadopsi praktik recycle dan reuse air yang digunakan di seluruh lingkungan pabrik.

Sementara melalui Digitization Program, perusahaan ini mengurangi penggunaan kertas dalam kegiatan operasional dan beralih ke layanan digital berbasis software. Tak hanya itu, Manajemen Limbah juga menjadi fokus utama perusahaan dalam mendukung keberlanjutan lingkungan.

Limbah hasil produksi akan diolah dan dikelola sesuai dengan peraturan pemerintah sehingga tetap dapat menjaga kondisi lingkungan. Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2022, baru 63,51% sampah atau limbah yang telah terkelola, baik terkelola melalui bank sampah, rumah kompos hingga menjadi biodigester.

Sugeng Budiono Wijanto, Presiden Direktur Otto Pharmaceutical mengatakan, komitmen dalam menjaga lingkungan bukan semata-mata tanggung jawab perusahaan, tetapi juga merupakan kontribusi nyata terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) 2030. “Kami percaya bahwa upaya dalam pelestarian lingkungan merupakan bagian integral dari identitas dan visi bisnis kami untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat dan generasi mendatang,” ujarnya.

Langkah berkelanjutan yang dilaksanakan oleh perusahaan ini mendapat apresiasi dalam ajang BPOM Environmental Sustainability Award 2023. Otto Pharmaceutical berhasil meraih penghargaan dalam kategori Industri Obat-subkategori Penanaman Modal Dalam Negeri.

BPOM Environmental Sustainability Award 2023 merupakan apresiasi dan dukungan nyata BPOM kepada perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan kegiatan operasional dengan penuh tanggung jawab terhadap lingkungan.

Dengan jangkauan distribusi yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia, perusahaan memiliki target untuk menyebarkan dampak positif dari implementasi Green Manufacturing ke penjuru negeri. Sugeng menyebutk, pihaknya telah merancang produk yang mampu meminimalisir jejak ekologis melalui desain kemasan yang ramah lingkungan.

“Sehingga, melalui jaringan distribusi yang merentang hingga pelosok provinsi di Indonesia, kami bertekad dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui nilai-nilai ramah lingkungan yang kami terapkan di setiap kegiatan operasional kami,” tutur Sugeng.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved