Trends Economic Issues

Projek MRT Tomang - Medan Satria Siap Dibangun

Kementerian Perhubungan resmi memulai pembangunan MRT jalur Timur-Barat fase 1 tahap 1. Pembangunan ini merupakan komitmen bagi perkembangan transportasi massal berbasis rel di Indonesia, khususnya di Provinsi DKI Jakarta.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI menegaskan, projek MRT Jalur Timur-Barat merupakan Projek Strategis Nasional (PSN). “Saya titipkan projek ini kepada Direktorat Jenderal Perkeretaapian selaku pembina sektor perkeretaapian untuk mengkoordinasikan dengan stakeholders terkait, termasuk Pemprov DKI Jakarta,” kata Budi.

Rencananya, groundbraking akan dilakukan pada Agustus 2024. Pada saat yang sama, Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa Presiden RI telah memberi arahan agar MRT Jalur Timur-Barat menggunakan skema pembangunan yang serupa dengan MRT Jalur Utara-Selatan.

Saat ini MRT Jalur Utara-Selatan sudah beroperasi sepanjang 16 kilometer (km) dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI, dengan rata-rata penumpang harian telah mencapai 100.000 per hari. Selain penyelenggaraan MRT, Pemprov DKI Jakarta juga telah memberikan mandat kepada PT MRT Jakarta (Perseroda) untuk melakukan pengelolaan dan pengembangan Kawasan Beroritentasi Transit (TOD – Transit Oriented Development) pada MRT Jalur Utara-Selatan.

“Kami berharap dengan pengembangan jalur MRT Jakarta Fase 3 akan mendukung perkembangan transportasi publik perkeretaapian yang berdampak luas bagi masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya,” ujar Pj. Gubernur Heru. Pembangunan MRT Jalur Timur-Barat merupakan bagian dari pengembangan jaringan MRT Jalur Utara–Selatan, tulang punggung jaringan transportasi massal berbasis rel di DKI Jakarta dan kawasan penyangga di sekitarnya.

Pada Fase 1 Tahap 1 ini, pengembangan MRT koridor Timur-Barat meliputi Tomang sampai Medan Satria. Jika keseluruhan koridor sudah tersambung, maka koridor ini akan membentang sepanjang 90 km dari Balaraja di Tangerang hingga Cikarang, serta melintasi tiga provinsi, dua kabupaten, dan tiga kota.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved