Leaders

Nusantara Regas, Meretensi Talent dengan Reward Atraktif

Sri Andayani, Kepala Divisi SDM dan Umum NR
Sri Andayani, Kepala Divisi SDM dan Umum NR

Bagi PT Nusantara Regas (NR), merawat dan menjaga karyawan-karyawan terampil dan berpengalaman sudah merupakan keharusan. Pasalnya, bidang bisnis yang ditekuni NR membutuhkan keahlian atau kompetensi khusus.

NR, seperti dituturkan Sri Andayani, Kepala Divisi SDM dan Umum NR, merupakan perusahaan patungan antara PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk.. Aktivitas utama NR adalah melakukan regasifikasi LNG (liquid natural gas) menjadi gas. Area operasionalnya di Kepulauan Seribu. Saat ini, NR berkontribusi menyediakan gas untuk 60% pembangkit di Jawa dan Bali.

Selain punya bisnis yang khas, keistimewaan NR lainnya adalah menjadi perusahaan regasifikasi kedua di dunia yang menggunakan teknologi terbaru. “Bahkan, sudah 20 negara yang melakukan benchmarking untuk melihat teknologi regasifikasi perusahaan kami,” kata Sri.

Kenyataannya, jenis perusahaan regasifikasi itu sangat sedikit jumlahnya. Dengan demikian, para talenta (talents) yang menguasai keterampilan di bidang regasifikasi itu terbilang jarang. Lebih jarang lagi jumlah orang yang bisa atau terampil menggunakan teknologi terbaru di bidang regasifikasi.

Di sisi lain, implementasi teknologi terbaru di bisnis gasifikasi itu membutuhkan waktu tidak sebentar dan biaya yang tidak murah. “Itulah yang membuat kami harus menjaga mereka untuk tidak pindah ke perusahaan kompetitor, baik di dalam maupun di luar negeri,” kata Nuri Mayang Sari, Kepala Departemen Human Capital NR. “Kami tidak ingin mereka yang baru bekerja dua tahun sudah pindah ke perusahaan atau negara lain,” tambahnya.

Kendati begitu, ada sejumlah tantangan dalam meretensi para karyawan terampil ini. Di antaranya, pertama, karena adanya gap salary antara karyawan NR yang direkrut (di-hire) sendiri dan karyawan yang diperbantukan dari Pertamina dan PGN. Kedua, NR tergolong perusahaan baru, sehingga masih banyak karyawan yang belum yakin dengan prospek perusahaan ini walaupun dari segi revenue dan profit sangat baik.

Apa respons pihak manajemen NR? “Kami merasa bahwa strategi reward management sangat penting untuk mempertahankan talent yang sudah dipersiapkan,” ujar Sri.

Secara umum, langkahnya dimulai dari merekrut karyawan yang tepat, melakukan pengembangan karyawan, dan membangun engagement untuk memastikan mereka bersedia bertahan di perusahaan. Untuk menjalankannya, sejak 2020 NR ditunjang oleh teknologi HR system yang saat ini dilengkapi dengan 13 fitur, di antaranya Employee Data, Learning Administration, Workforce Schedulling, dan Mobility Services.

Ada sejumlah strategi retensi yang dijalankan NR. Di antaranya, dengan menawarkan peluang pertumbuhan karier (career growth). Untuk pengembangan karier ini, NR melakukan talent movement. Pergerakan kariernya tidak hanya di NR, tetapi juga di lingkungan Pertamina Group. “Peluang kariernya sangat mobile dan terbuka,” ujar Sri.

NR juga menyediakan paket kompensasi kompetitif. Perusahaan ini berupaya meyakinkan karyawan bahwa kompensasinya kompetitif, dengan melakukan benchmarking; tidak hanya ke Pertamina, tetapi juga ke perusahaan di luar negeri.

“Strategi reward management sangat penting untuk mempertahankan talent yang sudah dipersiapkan.”

Sri Andayani, Kepala Divisi SDM dan Umum PT Nusantara Regas

Sebagai bagian dari upaya meretensi karyawan, NR mengupayakan terciptanya work-life balance. Sejak pandemi Covid-19 melanda Tanah Air, NR telah menerapkan pola kerja flexible working arrangement, yang berjalan hingga saat ini.

NR juga punya program pengukuran dan pengurangan tingkat stres kerja karyawan, baik karyawan di darat (onshore) maupun di lepas pantai (offshore). Untuk mengelola tingkat stres karyawan ini, NR menjalankan Employee Assistant Program, yang diperkuat tenaga psikolog.

Selain itu, bersama Serikat Pekerja, manajemen NR pun membangun lingkungan kerja yang positif. Dalam lingkungan kerja seperti itu, manajemen NR mendorong karyawan untuk bisa memberikan umpan balik (feedback) buat perbaikan proses bisnis di perusahaan. Hal ini juga menunjukkan adanya penghargaan perusahaan kepada pandangan karyawan.

Dan, salah satu yang terpenting, Sri menyatakan bahwa NR berupaya memberikan tunjangan/benefit (employee perks) yang lebih baik dibandingkan perusahaan lain. Untuk itu, pihaknya melakukan scoping dengan melihat besaran bisnisnya; kemudkan melakukan grading dengan memperhatikan aspek-aspek seperti functional knowledge dan business expertise.

Selain itu, juga ada benefit yang menarik. Di antaranya, sport membership untuk karyawan yang menyukai olahraga golf ataupun gym. Juga ada bantuan untuk karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan formalnya hingga S-3, tanpa seleksi sama sekali. NR juga menyediakan bantuan kredit pemilikan rumah untuk karyawan.

Berkat program retensi dan reward management seperti itu, menurut Sri, dalam lima tahun terakhir tidak ada karyawan berkinerja bagus yang mengajukan pengunduran diri (resign). Ada kenaikan skor Employee Engagement yang cukup signifikan, dari 3,20 pada 2020 menjadi 3,39 pada 2023. Tingkat produktivitas karyawan pun naik 13%, sehingga membantu kenaikan revenue 2% dan keuntungan 11%.

Pencapaian tersebut rasanya sesuai dengan penilaian Dewan Juri Indonesia HR Excellence Award 2023. Pada kategori Reward Management & Talent Retention Strategy, NR mendapatkan predikat “Very Good”. (*)

Joko Sugiarsono & Anastasia AS

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved