Profil Profesional

Deretan Bisnis Aguan Sugianto, Penguasa PIK yang Dipuji Erick Thohir

Sugianto Kusuma (Aguan), pebisnis properti dengan bendera group Agung Sedayu dan Artha Graha. (Liputan6.com/ Immanuel Antonius).
Sugianto Kusuma (Aguan), pebisnis properti dengan bendera group Agung Sedayu dan Artha Graha. (Liputan6.com/ Immanuel Antonius).

Nama Sugianto Kusuma atau Aguan Sugianto kini tengah menyita perhatian publik. Pasalnya, pendiri dari perusahaan pengembang Agung Sedayu Group itu baru saja menggelar grand opening Aloha PIK 2 pada Selasa, 8 Agustus 2023. Destinasi tematik bernuansa pantai Hawaii Indonesia itu berlokasi di Pantai Pasir Putih, Pantai Indah Kosambi (PIK2), Kabupaten Tangerang.

Untuk menyulap pantai sepanjang 4 kilometer menjadi kawasan wisata kuliner Aloha, Agung Sedayu menggelontorkan investasi bernilai puluhan miliar rupiah. “Investasi sebesar Rp 60 miliar hingga Rp 70 miliar,” ucap Founder dan CEO of Arkana Agung Sedayu Group Steven Kusumo usai grand opening Aloha PIK 2, Selasa, 8 Agustus 2023.

Dalam acara tersebut, Aguan Sugianto mendampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir yang meresmikan salah satu proyek Agung Sedayu.

Erick Thohir mengatakan kawasan PIK sudah memberikan percontohan yang luar biasa. Ia memuji Aguan Sugianto sebab ada private sektor swasta yang berani berinvestasi di industri yang semestinya pemerintah hadir lebih agresif. “Ada private sektor, di bawah kepemimpinan Pak Aguan Sugianto dan keluarga,” kata Erick Thohir.

Lantas, apa saja deretan bisnis Aguan Sugianto yang dikenal sebagai bos properti Agung Sedayu Grup? Simak informasi selengkapnya berikut ini:

Harta Kekayaan Aguan Sugianto

Pada 2018, Globe Asia mengestimasikan total harta kekayaan Aguan Sugianto sebesar US$ 970 juga atau sekitar Rp 14 triliun untuk kurs dolar AS saat ini. Sumber kekayaan Aguan Sugianto mayoritas berasal dari bisnis properti yang dimilikinya.

Aguan Sugianto adalah seorang pendiri dari perusahaan Agung Sedayu Group. Agung Sedayu merupakan salah satu perusahaan pengembang properti terbesar yang ada di Indonesia. Di perusahaan ini, Agung Sedayu memiliki berbagai segmen bisnis, seperti pengembangan kota, gedung bertingkat tinggi, hotel dan resort, mall, serta proyek komersial lainnya.

Melansir dari situs resmi perseroan, Agung Sedayu Group adalah pengembang properti yang berbasis di Jakarta dan telah berdiri sejak 1971. Perusahaan ini berspesialisasi dalam solusi one-stop living dan bisnis yang menyatukan kemudahan dan kenyamanan untuk gaya hidup modern yang ideal.

Kejayaan Agung Sedayu memuncak setelah menyelesaikan proyek pembangunan Harco Mangga Dua yang merupakan pusat perbelanjaan elektronik terintegrasi pertama di Jakarta. Setelah itu, Agung Sedayu pun mulai memperkuat sayap bisnisnya ke berbagai segmen di bidang properti dengan memiliki banyak anak usaha. Lini bisnis inilah yang kemudian menjadi sumber kekayaan utama dari pendirinya, Aguan Sugianto.

Bisnis dan Sumber Kekayaan Sugianto Kusuma alias Aguan Sugianto

Agung Sedayu Group milik Aguan Su giantomemiliki lima segmen bisnis properti. Mulai dari city & township, high rise building, hotel & resort, mall, dan commercial. Melansir dari situs resmi perseroan, berikut beberapa bisnis dan sumber kekayaan Sugianto Kusuma atau Aguan Sugianto:

City & Township

– PIK 2– BGM PIK– Green Lake City– Green Puri– Green Mansion– Grand Cibubur Country– River Valley Residence– Grand Galaxy City– Puri Mansion– Golf Lake Residence– Senayan Golf Residence– Sedayu City kelapa Gading, dan lain-lain

High-rise Building

– District 8– Ancol Mansion– Green Sedayu Apartment– Puri Mansion Apartment– Taman Anggrek Residence– Menara Jakarta at Kemayoran– Menteng Park Residence– Senayan Residence

Residence 8 & Office 8

– Gold Coast Sea View Apartment & Office– The Mansion at Dukuh Kemayoran– Kelapa Gading Square, dan lain-lain

Hotel & Resort

– Harris Puri– Oakwood Apartment, PIK Jakarta– Yello Hotels– The 101– Pesona Alam Resort & Spa– Mercure Hotel, PIK– Harris Vertu– Hilton Garden Inn, Taman Palem, Jakarta– The Langham, Jakarta, – Pesona Alam Resort & Spa, dan lain-lain

Mall

– PIK Avenue– Harmoni Exchange– Mall of Indonesia– The Dharmawangsa Square– Ashta District– Green Sedayu Mall– Grand Galaxy Park– Ashta District 8

Commercials

– Green Sedayu Bizpark, Cakung– Green Sedayu Bizpark, Daan Mogot– Sedayu Square

Sumber: Tempo.co


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved