Technology Trends

Exabytes Indonesia Konsisten Genjot 5.000 UMKM Lebih Tangguh

Exabytes Indonesia berkomitmen mendukung UMKM Indonesia untuk lebih bersiap menghadapi era digital. Hal tersebut salah satunya diwujudkan melalui keikutsertaan para UMKM di ajang SME DigitalFest 2023 yang diselenggarakan pada 11 -12 Agustus 2023 di Jakarta.

Berbeda dengan sebelumnya, konsep tahun ini adalah berupa konferensi dan bazaar selama dua hari berturut-turut. Para peserta tidak hanya mendapatkan materi dari 15 pembicara berkualitas, tapi juga dapat berbelanja di area bazaar yang diikuti oleh 15 booth UMKM.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Exabytes Indonesia, website baru meningkat antara 3.000 – 5.000 per bulannya. Exabytes Indonesia melihat tren pertumbuhan website yang cukup positif semenjak usai Lebaran 2023. Peningkatan konsisten sekitar 18% (MoM), serta diikuti pembaharuan layanan yang lebih positif sebesar 75% setiap bulannya.Bentuk digitalisasi dalam bentuk website ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan memperluas peluang bagi pelaku usaha untuk mengembangkan pasar sehingga dapat meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM.

Indra Hartawan selaku Country Manager Exabytes Indonesia menuturkan, “Digitalisasi UMKM dapat diterapkan dengan penggunaan media sosial untuk mempromosikan bisnis, menggunakan website atau aplikasi untuk membuka toko online, serta memanfaatkan mesin digital marketing seperti SEO (Search Engine Optimization) dan email marketing.”

Exabytes Indonesia secara berkelanjutan mendukung UMKM untuk bisa bertransformasi digital rutin dengan mengadakan event edukatif berkualitas, salah satunya dengan gelaran SME DigitalFest 2023. Acara ini didukung oleh EasyStore dan YouTap, ajang tahunan dengan target audience para pelaku UMKM ini mengusung topik Building Resilient SMEs in the Digital Era.

“Bentuk komitmen Exabytes Indonesia untuk mencapai target 5.000 UMKM lebih tangguh secara digital juga dengan meningkatkan kualitas produk dan layanannya bekerja sama dengan EasyStore, yang merupakan satu grup di bawah naungan Exabytes Group. Dengan sinergi kemitraan antara Exabytes Indonesia dan EasyStore ini, kami berharap semakin memudahkan UMKM karena dapat mengelola penjualan dan pesanan toko online dari marketplace dan website hanya dalam satu platform saja” tambah Indra.

Herman Suharto, CEO Youtap Indonesia mengatakan, hingga saat ini Youtap sudah mendigitalisasi lebih dari 500 ribu pelaku usaha UMKM di lebih dari 510 kota di Indonesia. Youtap sebagai ekosistem digital dengan solusi merchant-centric, menghadirkan berbagai layanan usaha digital, berupa aplikasi kasir digital, belanja stok online untuk memenuhi kebutuhan belanja grosir para pelaku UMKM hingga loyalty program customer.

“Kami juga memberdayakan semua jenis dan semua ukuran bisnis secara konsisten dan menghadirkan bantuan yang menyeluruh agar UMKM mampu berkembang dengan digitalisasi. Sebagai upaya memberikan akses pada keuangan UMKM, Youtap menghadirkan berbagai bentuk dukungan strategis yang dapat digunakan oleh para UMKM sebagai syarat untuk dapat meningkatkan keuangan para UMKM,” katanya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved