Capital Market & Investment

Banyak Hadir Produk Baru, Erajaya Optimistis Kinerja Semester II Tumbuh

Kinerja PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) pada Semester I 2023 tumbuh positif. Pertumbuhan penjualan ERAA sebesar 23,5% YoY atau naik dari Rp23,4 triliun pada Semester I 2022 menjadi Rp28,9 triliun pada Semester I 2023. Perseroan optimistis kinerja Semester II 2023 tumbuh.

CEO Erajaya Group Joy Wahyudi mengatakan, pihaknya optimistis kinerja Semester II 2023 tumbuh. Selain strategi bisnis Perseroan, juga dipengaruhi dengan adanya perilisan produk baru dari masing-masing brand.

“Second half di industri kami sebenarnya malah lebih besar, karena memang circle di industri telephone. Sebenarnya lebih tergantung pada principal product launch dan itu biasanya second half lebih ramai, seperti Samsung baru launching Flip 5, Oppo juga mau meluncurkan produk, Vivo juga. Second half biasanya lebih besar kontribusinya di industri kami karena ada peluncuran produk,” kata Joy (14/08/2023).

Di samping terus mengembangkan platform omnichannel, Erajaya juga masih akan tetap aktif melakukan ekspansi dengan membuka gerai-gerai offline baru di seluruh Indonesia. Ekspansi dilakukan karena masih ada wilayah yang belum tercover oleh Erajaya.

“Strategi omnichannel kami itu tetap membutuhkan offline. Selagi offline belum memadai untuk jangkauannya (maka akan terus ekspansi). Jadi kenapa kami masih gencar ekspansi offline? Karena prinsip kami selagi offline belum memadai maka akan terus mengembangkan toko,” katanya.

Diketahui hingga 30 Juni 2023 Erajaya telah memiliki 1.944 gerai yang tersebar di Indonesia, Singapura dan Malaysia, didukung oleh 100 pusat distribusi dan lebih dari 68.000 toko ritel pihak ketiga. Selain itu, kolaborasi perseroan dengan mitra melalui program Erafone Cloud Retail Partner terus tumbuh dengan total 61 toko yang dibuka di seluruh Indonesia.

Erajaya secara paralel terus mengembangkan strategi omnichannel untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan melalui layanan e- commerce Eraspace.com serta kolaborasi dengan platform lainnya. MyEraspace sendiri sudah memiliki 8,3 juta anggota, meningkat 63% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, pencapaian ini menunjukkan tumbuhnya permintaan dari pelanggan untuk memanfaatkan platform omnichannel dari Erajaya.

Diketahui margin laba kotor perusahaan pada semester I 2023 meningkat menjadi 10,7%. Laba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp458,7 miliar pada semester I 2023.

Kemudian salah satu vertikal bisnis Erajaya, PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) atau Erajaya Active Lifestyle (EAL) menggelar IPO di Bursa Efek Indonesia, menawarkan hingga 20% sahamnya kepada publik yang akan berlangsung pada 2 – 4 Agustus 2023, dilanjutkan dengan pencatatan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Agustus 2023. ERAL merupakan emiten yang terafiliasi dengan Erajaya Group serta bergerak di perusahaan penyedia solusi ritel dan distribusi multi-brand terkemuka di Indonesia.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved