Technology Trends

OneWeb Bersama DTP Hadirkan Akses Internet di Daerah 3T

PT Dwi Tunggal Putra (DTP) —penyedia layanan internet berbasis satelit di Indonesia yang telah lama bermitra dengan OneWeb, perusahaan global penyedia layanan internet satelit —menghadirkan solusi internet terbaru. Produk ini digadang-gadang khusus untuk mengatasi tantangan akses internet di daerah-daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) di Indonesia.

DTP meresmikan peluncuran produk terbaru mereka, BuanterOne di Internasional Indonesia Internet Expo & Summit (IIXS) 2023. Untuk diketahui DTP adalah exclusive master distribution partner OneWeb di Indonesia. Jadi secara teknis dan infrastruktur telah dipersiapkan DTP dalam memberikan semua kebutuhan pelanggan BuanterOne.

Michael Alifen, Chief Executive Officer DTP mengklaim, kehadiran BuanterOne bisa menjawab tantangan kendala akses internet yang dihadapi oleh banyak daerah di Indonesia, terutama di daerah 3T. “Ini akan memberikan pemerataan akses internet yang sangat dibutuhkan, seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan lainnya, sejalan dengan visi transformasi digital yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi,” tukas Michael.

BuanterOne sebagai solusi internet berbasis satelit dengan latensi rendah yang luar biasa hanya sekitar 70 ms, dan kapasitas internet mencapai 195 mbps. Produk ini dirancang khusus untuk segmen business to business (B2B), yang meliputi Internet Service Provider (ISP) dan operator seluler yang memerlukan konektivitas seluler backhaul.

Michael menambahkan, BuanterOne cocok untuk segmen B2B, dengan keunggulan yang mumpuni dalam kapasitas dan latensi. Dia menyebut pembeda BuanterOne dengan jaringan telekomunikasi lainnya adalah model bisnisnya yang B2B di wilayah di 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Layanan BuanterOne tidak dihadirkan untuk daerah perkotaan.

OneWeb, dengan 634 satelit di seluruh dunia, mengambil peran penting dalam memastikan BuanterOne sukses. Dengan satelit-satelitnya yang beroperasi di Low Earth Orbit (LEO), OneWeb berkomitmen membawa akses internet berkualitas tinggi ke seluruh penjuru dunia, termasuk ke daerah-daerah terpencil di Indonesia.

David Thorn, Vice President APAC dari OneWeb menjelaskan, kerja sama dengan DTP sebagai Mitra Distribusi Eksklusif di Asia Tenggara memungkinkan OneWeb untuk mencapai tujuan bersama dalam membawa konektivitas internet berkualitas ke daerah-daerah yang memerlukan.

Muhammad Arif Angga, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengatakan, solusi ini memberikan harapan baru bagi bisnis ISP dan pelaku bisnis di daerah-daerah 3T. Dengan teknologi satelit canggih dari OneWeb, BuanterOne memiliki potensi untuk mengatasi hambatan akses internet di daerah-daerah yang sebelumnya sulit dijangkau.

Saat ini DTP telah membangun Satellite Network Portal (SNP) ke-38 di dunia, terletak di Serang, Banten. SNP#38 memiliki 18 Satellite Access Portal (SAP) atau antena stasiun bumi yang mampu menyediakan layanan internet dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah.

Proses pembangunan SNP#38 telah mencapai tahap akhir, yakni Antenna Verification Test, dan akan segera dilanjutkan dengan Hub System Commissioning. Chief Executive Officer DTP, Michael Alifen, menjelaskan bahwa BuanterOne adalah hasil kolaborasi dengan OneWeb untuk membawa Indonesia ke era baru dalam konektivitas internet.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved