Profile

Rajit Sukumaran Ungkap Rahasia Mengarungi Pasang Surut Bisnis Perhotelan

Rajit Sukumaran, Managing Director Asia Tenggara dan Korea untuk IHG Hotels & Resorts

Industri perhotelan di Asia Tenggara mengalami pasang surut selama beberapa tahun terakhir, khususnya pada saat pandemi Covid-19. Namun, setelah dibukanya kembali perbatasan di kawasan ini pada 2023, perlahan industri perhotelan sedang menuju pemulihannya.

Di tengah pasang surut industri perhotelan Asia Tenggara itu, ada satu nama yang cukup menonjol, yaitu Rajit Sukumaran. Dialah Managing Director Asia Tenggara dan Korea untuk IHG Hotels & Resorts. Berpengalaman selama lebih dari 18 tahun di industri ini, Rajit telah menorehkan rekam jejak mengesankan untuk IHG Hotels & Resorts sejak dia bergabung pada 2017.

Eksekutif pria ini mengawali kariernya di IHG Hotels & Resorts sebagai Chief Development Officer untuk Asia Pacific, Middle East and Africa (AMEA). Tapi pengaruhnya dengan cepat meluas ketika dia mengambil alih tanggung jawab di kawasan Europe, Middle East, Africa & Asia guna memimpin IHG Hotels & Resorts meraih pertumbuhan yang signifikan.

Rupanya, kiprah itu telah membuka jalan Rajit meraih jabatan saat ini, yang mana dia bertanggung jawab atas lebih dari 110 hotel berkelas dan 90 hotel lainnya yang sedang dalam proses pembangunan. Dengan pengalaman lebih dari 18 tahun, Rajit telah menjadi kekuatan pendorong dalam membentuk pertumbuhan, kinerja, dan reputasi perusahaan di kawasan-kawasan yang pernah dipimpinnya.

Merefleksikan perjalanannya, Rajit berkata kunci untuk menjadi sukses di dunia perhotelan adalah, “Semangat dalam melakukan apa yang Anda kerjakan, bersikap people-oriented, dan selalu merasa haus akan perkembangan diri sendiri maupun dalam pekerjaan.” Dia menggarisbawahi pentingnya memupuk antusiasme yang mengakar, menghargai hubungan interpersonal, dan mempertahankan pola pikir untuk terus belajar.

Gaya kepemimpinan yang dijalankan Rajit adalah collective leadership. Untuk mendorong keberhasilan bisnis hotelnya, dia berkolaborasi dengan 9 pimpinan di Asia Tenggara dan Korea Selatan yang punya keahlian dan pengalaman berbeda-beda untuk mencapai tujuan yang sama. Dia pun memupuk budaya inovasi dengan mengadakan Innovation Sprints secara rutin untuk memicu kreativitas dan perspektif baru.

“Komunikasi adalah inti dari pendekatan kepemimpinan saya,” ucap Rajit. Dia berinteraksi dengan rekan kerja melalui berbagai saluran formal dan informal, mulai dari pertemuan townhall hingga coffee sessions dan social hours yang intim. Dia juga sering berkunjung ke hotel-hotel yang dikelolanya agar tetap selaras dengan realitas di lapangan.

Gaya kepemimpinannya ditandai dengan inklusivitas dan kolaborasi. Dia sangat menghargai keberagaman, kesetaraan, dan inklusivitas. Sebagai Ketua SEAK Diversity, Equity & Inclusion Council di IHG, Rajit berperan penting dalam membentuk lingkungan kerja yang inklusif, termasuk merekrut karyawan dari kaum disabilitas di Singapura, Malaysia, dan Thailand, mendukung single parent di Filipina, dan membuat program khusus untuk orang tua bekerja di Indonesia.

Salah satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan bisnis di hotel-hotel yang dikelolanya, kata Rajit, adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM). “Kami tidak hanya membangun hotel, tetapi juga membangun karier,” ucapnya lugas.

Komitmen IHG terhadap SDM dicontohkan dengan inisiatif seperti IHG Skills Academy dan IHG University, yang menawarkan program pelatihan dan pengembangan keterampilan yang komprehensif. Pendekatan ini dibawanya untuk mendorong pertumbuhan IHG di Indonesia, di mana IHG sudah membuka cabang hotelnya sejak 1995. Rajit berencana merekrut 1.500 orang untuk memenuhi permintaan yang terus berkembang.

Rajit mengatakan Indonesia adalah salah satu market yang penting bagi IHG dengan prediksi pertumbuhan 50 persen dalam beberapa tahun ke depan. IHG Hotels & Resort sudah mendirikan 24 hotel dengan 6 brand, seperti Six Senses, InterContinental Hotel & Resorts, Crowne Plaza, Hotel Indigo, Holiday Inn dan Holiday Inn Express.

Saat pandemi Covid-19 melanda, di bawah kepemimpinannya, IHG berhasil melewati masa-masa yang penuh tantangan ini dengan memperkuat strategi pertumbuhan dan memperluas skala. Terbukti, IHG masih bisa meluncurkan properti baru.

Di luar aktivitas kerjanya, Rajit memiliki minat yang beragam. Dia suka melancong dengan menjelajahi tempat-tempat baru dan menikmati beragam makanan. Penggemar klub sepakbola Liverpool ini juga getol menjalani gaya hidup sehat melalui olahraga teratur dan nutrisi seimbang.

Perjalanan Rajit menjadi bukti inspiratif akan kekuatan semangat, inovasi, dan inklusivitas dalam mendorong kesuksesan. Kepemimpinannya telah mendorong IHG Hotels & Resorts ke tingkat yang lebih tinggi, dengan tetap mengutamakan karyawan dan komunitas yang mereka layani.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved