Automotive

Nissan Gaungkan Teknologi e-Power di GIIAS 2023

Booth Nissan di GIIAS pada Senin, 14 Agustus 2023. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

PT Nissan Motor Distributor Indonesia (Nissan Indonesia) menyuguhkan Nissan Ariya Single Seater Concept serta Nissan Serena e-POWER sebagai mobil atau produk elektrifikasi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Agen Pemegang Merek Nissan di Indonesia ini menyodorkan inovasi, tekonologi elektrifikasi termutakhir, dan layanan purna jual.

Evensius Go, Presiden Direktur Nissan Indonesia mengatakan Nissan Indonesia menunjukkan serta membuktikan komitmen Nissan terhadap perkembangan otomotif dan para pelanggan di Indonesia Nissan terus berinovasi dan menghadirkan produk dan layanan unggulan sejalan yang mengusung semangat bertajuk Elevate Excitement. Tagline ini merefleksikan ambisi serta komitmen Nissan untuk selalu berinovasi untuk mendukung bermobilitas yang berkesinambungan.

“Nissan mengajak semunanya untuk bersama-sama mendukung mobilitas yang berkelanjutan. Dengan elektrifikasi sebagai strategi inti, inovasi teknologi yang dikembangkan ditujukan agar dapat menghadirkan nilai-nilai tersendiri dalam kenikmatan berkendara dan memastikan pengalaman yang unik bagi setiap individu,” demikian ucap Evensius dalam keterangannya yang dikutip pada Sabtu (19/8/2023).

Nissan Serena e-POWER diluncurkan di GIIAS 2023, Tangerang pada Kamis, 10 Agustus 2023. (Foto : Nissan Indonesia).

Nissan pada ajang GIIAS itu menampilkan jajaran produk elektrifikasi seperti Nissan Ariya Single Seater Concept yang tampil pertama kalinya di Asia Tenggara, serta Nissan Serena e-Power yang pertama kalinya dipamerkan di Indonesia. Produk-produk elektrifikasi yang ditampilkan Nissan kali ini, menunjukkan bentuk dukungan terhadap pemerintah Indonesia untuk pengurangan emisi karbon dan pencapaian lingkungan yang lebih hijau.

Sebagai pelopor dalam inovasi mobil listrik di dunia, Nissan mendapatkan momentum dengan kehadiran Nissan LEAF, mobil listrik produksi massal pertama di dunia, yang telah berhasil membukukan angka penjualan lebih dari 650 ribu unit di seluruh dunia sejak 2010 tanpa insiden baterai berarti.

Di Indonesia, Nissan LEAF yang sejak 2021 dihadirkan Nissan Indonesia ini memperoleh tanggapan positif. Pengembangan inovasi mobil listrik Nissan juga diimplementasikan di ajang balap Formula E.

Foto : Nissan Indonesia.

Nissan Ariya Single Seater Concept ditampilkan di ajang GIIAS 2023 untuk menunjukkan kepada publik terkait pengembengan mobil listrik Nissan yang akan dikembangkan. Nissan Ariya Single Seater Concept merupakan hasil proyek eksplorasi, pengembangan dan demonstrasi teknologi tinggi tentang bagaimanan powertrain mobil listrik yang melaju di jalan raya diadopsi ke dalam sasis mobil balap single seater. Konsep ini memperlihatkan performa tinggi Nissan Ariya dalam wujud mobil balap yang desain dan style-nya menginspirasi serta mendemonstrasikan performa baru EV yang powerfull dan efisien.

Teknologi e-Power

Adapun, pilar elektrifikasi Nissan tidak hanya Battery Electric Vehicle (BEV), tetapi juga e-Power. Inovasi elektrifikasi Nissan melalui teknologi revolusioner e-Power generasi kedua ini memberikan pengalaman kepada pengendara untuk berkendara mobil listrik sepenuhnya tanpa membutuhkan plug-in charger sehingga menjadikannya lebih praktis dan hemat waktu.

Pada sistem e-Power, mesin bensin bekerja secara otomotis mengisi daya baterai ketika dibutuhkan, sehingga konsumsi bahan bakar sangat efisien. Teknologi e-Power juga disematkan di Nissan Kicks yang diluncurkan sejak 2020 di Indonesia dan telah mendapatkan 10 penghargaan bergengsi.

Nissan menjadi merek pertama pabrikan otomotif asal Jepang dan di dunia yang memperkenalkan teknologi mobil listrik tanpa perlu pengisian daya baterai melalui plug-in charger. Teknologi Nissan e-Power pertama kali diperkenalkan pada Nissan Kicks yang telah diluncurkan sejak September 2020. Hingga saat ini Nissan Kicks e-Power telah mendapat beberapa pembaharuan serta peningkatan termasuk teknologi e-Power.

Teknologi Nissan e-Power terdiri dari mesin bensin yang terintegrasi dengan inverter dan sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Teknologi e-Power adalah powertrain listrik 100% dengan memanfaatkan pengembangan dari teknologi kendaraan listrik Nissan Leaf serta penambahan mesin bensin untuk mengisi baterai bila diperlukan. Hal ini membuat Nissan e-Power tidak membutuhkan pengisian daya eksternal namun tetap memberikan sensasi berkendara layaknya mobil listrik.

Akselerasi instan, torsi besar, tarikan responsif serta berkendara senyap khas EV juga dapat dirasakan pada teknologi e-Power. Sistem e-Power menawarkan penggerak motor listrik penuh. Artinya roda sepenuhnya digerakkan oleh motor listrik. Teknologi e-Power terdiri dari bateri bertenaga besar dan powertrain yang terintegrasi dengan mesin, generator listrik, inverter, dan motor listrik. Mesin bensin tidak terhubung ke roda dan hanya bertugas untuk mengisi baterai jika diperlukan.

Dalam sistem hybrid konvensional, roda digerakkan oleh mesin bensin dan motor listrik secara bergantian. Sama dengan BEV, keseluruhan penggerak roda atau 100%-nya berasal dari motor listrik yang bersumber dari baterai. Singkat cerita, e-POWER memberikan sejumlah dampak positif terhadap pengaplikasiannya pada produk Nissan. Selain torsi besar dan instan, e-Power dapat meningkatkan respon berkendara dan menghasilkan akselerasi yang halus.

Berkendara dengan teknologi e-POWER dapat memberikan kesenyapan 100% khas mobil listrik serta menawarkan efisiensi bahan bakar yang jauh lebih baik karena mesin bensin hanya bekerja saat mengisi baterai secara otomatis serta hemat waktu karena tidak perlu menunggu ketika pengisian daya baterai.

Teknologi e-POWER, Nissan Kicks telah meraih berbagai penghargaan bergengsi seperti, Car of The Year 2020, Best Hybrid 2020-2022, Best Total Cost Ownership 2020-2021, Best Electric Vehicle 2021-2022, Best Engineering Excellence 2021, Best Hybrid Resale Value 2022.

Untuk memperlihatkan jajaran lebih lengkap model e-Power, Nissan Indonesia untuk pertamakalinya di Indonesia memajang Serena e-Power di GIIAS 2023. Nissan Serena memulai debutnya di Indonesia pada 1996 dan merupakan kendaran MPV mewah pertama di tanah air. Nissan secara konsisten selalu hadir di segmen ini selama lebih dari dua dekade.

Kehadiran Nissan Serena yang dilengkapi dengan e-Power generasi kedua dengan kabin yang luas, berbagai kelengkapan untuk memenuhi kebutuhan keluarga serta teknologi terkini pada GIIAS 2023 ini, sekaligus menunjukkan Indonesia sebagai pasar strategis Nissan, khususnya di segmen MPV yang menjadi salah satu fokus Nissan di Indonesia selain SUV dan hatchback. Mobil yang mengusung konsep Big, Easy and Fun ini merupakan yang pertamakalinya diperkenalkan dan ditampilkan di Indonesia.

Tajuk Elevate Excitement juga dinjeksi ke Nissan Terra, Nissan Magnite, Nissan Livina dan Nissan Serena yang semuanya menggunakan Internal Combustion Engine (ICE) dan dilengkapi dengan teknologi termutakhir. Model Nissan ini terpajang apik di booth Nissan, Hall 3A-5, ICE-BSD, Tangerang, selama berlangsungnya GIIAS 2023.

Nissan Indonesia juga sudah menyediakan program penjualan yang menarik kepada konsumen untuk merayakan 90 tahun Nissan selama berlangsungnya GIIAS hingga 20 Agustus 2023. Untuk memanjakan konsumen, Nissan Indonesia turut menyematkan semangat Elevate Excitement di layanan purna jual (after sales service). Di awal tahun 2023, Nissan Indonesia memperkenalkan Trust Nissan sebagai komitmen layanan purna jual kepada konsumen.

Beragam layanan purna jual ini diantaranya layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) dan call center 24 jam, service advisor dan teknisi bersertifikat Nissan Global, garansi suku cadang hingga 20 ribu kilometer atau 1 tahun serta garansi pekerjaan atau jasa hingga 1.000 kilometer per 14 hari.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved