Automotive

Pasca GIIAS, IMG Perpanjang Periode Subsidi Motor Listrik Alva

Pengunjung dan pramuniaga beraktivitas di booth ALVA di GIIAS, ICE BSD, Tangerang, pada Senin, 14 Agustus 2023. (Foto : Vicky Rachman/SWA).

PT Ilectra Motor Group (IMG), anak usaha PT Indika Energy Tbk, menerapkan serangkaian strategi pemasaran motor listriknya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Produsen sepeda motor listrik Alva ini memberikan potongan harga Rp 7 juta di semua lokasi penjualan resmi serta menggelar test drive kepada calon konsumen di GIIAS. Tingginya animo konsumen terhadap penerapan potongan harga di GIIAS itu memicu IMG untuk memperpanjang durasi potongan harga pembelian Alva.

Putu Yudha, Chief Marketing Officer Alva mengatakan, pihaknya mencermati antusiasme pengunjung terhadap produk Alvam utamanya saat test drive Alva Cervo dan menggunakan fitur berteknologi boost. “Potongan harga Rp 7 juta selama penyelenggaraan GIIAS itu diperpanjang durasinya sehingga konsumen bisa mendapatkan manfaat serupa meskipun tidak hadir di GIIAS,” ujarnya di GIIAS 2023, ICE BSD, Tangerang (19/08/2023).

IMG juga menggelar test drive Alva Cervo di GIIAS sejak 10 hingga 20 Agustus 2023. Tujuannya untuk membagikan informasi dan fitur motor listrik tersebut. Perusahaan ini membuka kesempatan kepada calon konsumen untuk berpartisipasi pada kompetisi media sosial yang mengusung tema Express Your Boost. Pengunjung dapat merekam dan membagikan ekspresi terbaiknya saat merasakan sensasi fitur Boost di Alva Cervo.

Para pengunjung yang ingin mengikuti kompetisi ini dapat mengunggah video rekaman tersebut ke platform Instagram dengan tanda pagar #Alva, #AlvaCervo, #BoostYourNextMove, dan #BoostYourExpress serta mention akun Instagram Alvaauto.ev. Pengunjung diharapkan dapat memberikan sensasi yang dirasakan saat mengendarai motor listrik itumelalui ekspresi wajah yang terekam. Peserta dengan video terbaik akan dipilih sebagai pemenang dan mendapatkan 1 unit Alva Cervo.

Pada kesempatan sebelumnya, Putu menyampaikan IMG menyodorkan motor listrik Alva One dan Alva Cervo di GIIAS tahun ini. Beragam program penjualan dan kerjasama dirancang IMG untuk mempercepat adopsi kendaraan listrik serta meningkatkan dampak yang telah dicapai dalam setahun mengaspal pasca GIIAS 2022. “Program penjualan, termasuk menjadi merek motor listrik pertama yang memperkenalkan penawaran skema trade in kepada masyarakat. Melalui hal tersebut, kami meyakini masyarakat dapat mendapatkan kemudahan mengadopsi kendaraan listrik.” ucap Putu.

Program Trade In merupakan penukaran sepeda motor konvesional kepada konsumen yang membeli motor listrik Alva One atau Alva Cervo. IMG bermitra dengan Momotor, Bank BRI CIMB Niaga, dan Adira Finance sebagai mitra pembiayaan. Bank BRI, misalnya, memberikan potongan harga hingga Rp 2 juta dan cicilan hingga 36 bulan dengan bunga 0% bagi para pemegang kartu debit dan kredit BRI untuk pembelian motor listrik. Sedangkan, Bank CIMB Niaga memberikan cashback hingga Rp 1,5 juta dan cicilan hingga 24 bulan dengan bunga 0%.

Lalu, Adira Finance memfasilitasi program trade-in dan memangkas uang muka (down payment) sebesar Rp 4 juta. “Kami berharap inisiatif tersebut mendorong lebih banyak masyarakat untuk menjadi bagian dari pelopor perubahan gaya hidup dan mobilitas di Indonesia. Sehingga kontribusi dampak motor listrik Alva dalam mengurangi emisi yang beberapa waktu lalu kami umumkan dapat menciptakan dampak yang lebih luas lagi,” tutur Putu.

Sebelumnya, Indika Energy pada 20 Mei 2022 mengumumkan IMG didirikan untuk mengembangkan kendaraan roda dua listrik, ekosistem infrastruktur kendaraan listrik yang akan dibangun dengan jaringan kemitraan. Untuk itu, IMG mengumpulkan pendanaan senilai US$ 15 juta untuk mempercepat pengembangan tersebut.

IMG membuka ALVA Experience Center yang menyediakan beragam fasilitas kepada konsumen, antara lain informasi lebih lanjut mengenai teknologi kendaraan listrik (EV/electric vehicle) dan edukasi mengendarai kendaraan listrik beroda dua, uji coba motor listrik Alva, layanan pembelian motor Alva, pilihan pembiayaan yang fleksibel, mengisi ulang daya baterai kendaraan, serta layanan purna jual.

Adapun, persentase komponen lokal atau tingkat komponen dalam negeri (TKDN) Alva One pada April 2023 mencapai 44% sehingga memenuhi syarat bantuan pemerintah untuk pembelian motor listrik dan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam program tersebut. “Kami mendapatkan apresiasi dari pemerintah yang dapat dilihat dari peningkatan TKDN di Alva One. Hal ini kami wujudkan melalui komitmen investasi yang kami lakukan untuk membangun ekosistem kendaraan listrik, salah satu bentuk konkritnya adalah fasilitas manufaktur di Cikarang dan kolaborasi dengan mitra-mitra kami di Indonesia,” ucap Putu.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved