Marketing Trends

Iklan TV dari Finecast Ramaikan Pasar Indonesia

Finecast
Dok. Finecast

Indonesia merupakan pasar TV terbesar di Asia Tenggara, dengan sekitar 60 juta rumah tangga pemirsa TV dan 69% pengguna internet telah memiliki smart TV, melampaui rata-rata global (Konsumen Ampere). Ukuran pasar yang signifikan ini, ditambah dengan semakin beragamnya perangkat, konten, dan saluran, telah secara signifikan mengubah kebiasaan masyarakat di Indonesia dalam menonton siaran TV.

Untuk mengatasi tantangan yang dihadapi brand dalam menjangkau audiens target di media TV yang semakin terfragmentasi, GrupM memperkenalkan teknologi inovatif Finecast yang memudahkan pengiklan menjangkau audiens khusus di semua lingkungan TV melalui satu akses.

Brett Poole, CEO Finecast APAC di GroupM Nexus mengatakan, kemitraan utama Finecast dengan penyedia data memungkinkan segmentasi audiens yang cerdas berdasarkan kondisi sosial ekonomi, tahap kehidupan, dan perilaku keuangan audiens sehingga menghasilkan profil audiens TV yang sangat tepat.

Brand kemudian dapat menggunakan profil ini untuk menampilkan beragam iklan ke berbagai kalangan rumah tangga yang menonton acara TV yang sama, sehingga membuat iklan mereka lebih efektif serta dapat memaksimalkan investasi media mereka.

“Dengan pesatnya kemajuan data dan teknologi serta ekspansi audiens digital yang signifikan di Indonesia, kami berada di titik kritis di mana pemilik brand dapat memanfaatkan peluang di TV yang dapat diakses langsung untuk meningkatkan penjualan produk dan membangun ekuitas sebuah brand,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Finecast memungkinkan pengiklan menargetkan kalangan rumah tangga dengan memanfaatkan iklan TV yang relevan di berbagai saluran TV, platform TV berbayar, dekoder, berbagai layanan video on demand (VOD), penyedia over-the-top (OTT), dan konsol game. Semua media tersebut diklaim dapat digabungkan berdasarkan skala, dapat dilihat secara utuh, dan dalam format berkualitas tinggi dan aman bagi brand.

“Kami memperkenalkan kemampuan iklan TV canggih milik Finecast ke pasar Indonesia yang menggabungkan kekuatan emosional televisi dengan data, menghasilkan peluang bagi pengiklan dan menawarkan pengalaman menonton acara TV yang unggul dan lebih personal,” tuturnya.

Himanshu Shekhar, CEO GroupM Asia Tenggara menambahkan, GroupM memanfaatkan jaringan luas untuk menjalin kemitraan penting dengan pemangku kepentingan utama di TV internasional, regional, dan lokal.

Melalui Finecast, pihaknya juga telah berhasil berkolaborasi dengan penyedia konten terkemuka, media penyiaran, platform, dan penyedia data yang dapat menciptakan ekosistem hijau guna menyelaraskan brand dengan para audiens yang relevan, sehingga meningkatkan nilai yang ditawarkan kepada pemilik brand.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved