Property

Marketplace Rumah.com akan Berhenti Beroperasi 30 November 2023

Kabar mengejutkan datang dari perusahaan properti PropertyGuru Group. Group CEO dan Managing Director PropertyGuru Hari. V. Krishnan mengungkapkan bahwa marketplace properti Rumah.com di Indonesia akan berhenti beroperasi pada 30 November 2023.

Hari menjelaskan, keputusan tersebut tidak diambil dengan mudah, dan pihaknya telah menyadari dampak pemberhentian terhadap karyawan Rumah.com dan pelanggan yang telah dilayani selama lebih dari satu dekade. Untuk meminimalkan dampak pemberhentian tersebut terhadap 61 karyawan pihaknya telah menawarkan paket di atas standar, dukungan perawatan kesehatan, dan membantu menemukan peluang atau pekerjaan baru.

“Hingga 30 November 2023, kami akan terus melayani para agen dan mitra pengembang dari Rumah.com untuk memastikan gangguan seminimal mungkin terhadap operasional bisnis mereka. Setelah itu, kami akan mengembalikan fee yang telah dibayar sesuai kontrak masing-masing. Untuk mitra vendor, kami akan tetap membayar kewajiban kami sesuai komitmen kontrak masing-masing,” katanya dalam keterangan resmi, Senin (21/8/2023).

Saat memikirkan tentang masa depan, ucap Hari, sangat penting untuk terus meninjau kemajuan dan secara berkala merampingkan operasional, sambil secara hati-hati menata kembali prioritas terhadap sumber daya yang dimiliki. Upaya dan fokus harus diarahkan pada bisnis-bisnis yang sudah berjalan atau telah menunjukkan potensi untuk mencapai pertumbuhan yang bisa terus meningkat sembari memastikan nilai ekonomi unit yang kuat.

Selain akan menutup Rumah.com di Indonesia, PropertyGuru juga akan menutup salah satu produk SaaS miliknya, FastKey, di seluruh pasar. Hari mengaku akan memenuhi komitmen yang telah dibuat terhadap seluruh pelanggan saat ini sebelum mengakhiri operasional FastKey di Indonesia pada 31 July 2024, serta di Malaysia dan Singapura pada 15 Oktober 2024.

“Seiring perjalanan, kami berbincang dengan para anggota tim FastKey yang terdampak oleh keputusan ini, menjajaki peluang-peluang penugasan baru di dalam Grup dan memastikan bahwa mereka didukung selama periode perubahan ini. Kedua keputusan bisnis ini diperkirakan tidak akan memiliki dampak signifikan terhadap prospek keuangan kami di tahun 2023,” kata Hari.

Untuk tim Rumah.com, Hari mengapresiasi atas segala kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan. Pihaknya akan menjamin bahwa akan terus mendukung para karyawan dalam masa transisi ini dengan memberikan sejumlah penawaran seperti paket pesangon di atas standar, asuransi kesehatan dan program bantuan karyawan, serta membantu para karyawan menemukan peluang-peluang pekerjaan baru.

“Bisa saya sampaikan bahwa semua karyawan yang terkena dampak telah kami ajak bicara hari ini dan kami tidak mengharapkan ada lagi orang yang pergi karena keputusan ini. Meskipun sulit, keputusan ini penting bagi kami untuk fokus dan melakukan fase pertumbuhan berikutnya dan memungkinkan kami untuk memprioritaskan sumber daya kami sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved