Business Research Trends zkumparan

Ini Skor Kesehatan Finansial Generasi Muda di Indonesia

Peluncuran Financial Fitness Index 2023 oleh Bank OCBC NISP.

Bank OCBC NISP merilis OCBC NISP Financial Fitness Index (FFI) 2023, sebuah riset tahunan yang menggambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia. Riset ini menunjukkan bahwa skor kesehatan finansial generasi muda di Indonesia terus meningkat selama tiga tahun terakhir.

Amir Widjaya, EVP Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP mengatakan, melalui riset ini, OCBC NISP ingin menyampaikan bahwa sehat finansial itu bisa dicapai oleh semua kalangan, terlepas dari latar belakang dan status subekonomi mereka. Semua orang tentu memiliki kebutuhan hiburan atau lifestyle, dan memenuhi kebutuhan tersebut bukanlah hal yang negatif. Namun, generasi muda harus pintar menyiasati agar keinginan tidak mengorbankan kebutuhan dasar lainnya.

“Dengan begitu, kami menyerukan bahwa lifestyle terus jalan, investasi tetap aman, dan jadi financially fit bisa dilakukan bersamaan. Selama pembagian dananya sudah benar dengan tidak mengorbankan dana darurat atau investasi, semua akan bisa dilakukan bersamaan,” kata Amir dalam konferensi pers, Selasa (22/08/2023).

Skor tahun ini menunjukkan angka 41,16 mengalami kenaikan sebesar 1,10 poin dibandingkan tahun lalu. Namun, meskipun secara umum generasi muda Indonesia terus berusaha memperbaiki kebiasaan finansialnya, masih banyak yang membuat keputusan keliru dalam hal spending.

Faktanya, sebanyak 35% mengaku bahwa mereka pernah melakukan pengeluaran lifestyle secara impulsif selama enam bulan terakhir, termasuk konser, travelling, atau belanja berlebihan. Uniknya lagi, ternyata 60% dari mereka yang impulsif datang dari demografi dengan penghasilan 5 sampai 8 juta perbulan.

Hal tersebut mengakibatkan skor finansial mereka yang memiliki pendapatan 5-8 juta mengalami penurunan. Meskipun begitu, persentase generasi muda yang menghabiskan uang demi gaya hidup sudah menurun sebesar 3% menjadi 73%, dari angka tahun lalu yang menunjukkan angka 76%.

Meskipun telah terjadi perbaikan dari tahun ke tahun, skor kesehatan finansial Indonesia masih di bawah batas sehat secara finansial. Berangkat dari fakta ini, Bank OCBC NISP terus menyediakan edukasi mengenai kesehatan finansial untuk semua orang lewat Nyala OCBC NISP.

“Di situ semua orang bisa mengikuti kelas dan konten belajar finansial gratis, dan bisa melakukan tes kesehatan finansial untuk melihat skor mereka. Di awal Agustus lalu, Bank OCBC NISP telah sukses mengajak lebih dari 2.000 orang dalam Gerakan Massal Finansial Check Up, sebagai langkah untuk mengajak semakin banyak orang sehat secara finansial,” ujar Amir.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved