Trends Economic Issues

Salah Kaprah Anak Muda Indonesia Mendefinisikan ‘Kaya’

Najwa Shihab (kanan) di konferensi pers FFI 2023 OCBC NISP.

Bank OCBC NISP kembali meluncurkan OCBC NISP Financial Fitness Index (FFI) 2023, sebuah riset tahunan yang menggambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia. Dalam riset ditemukan ternyata jumlah generasi muda yang menganggap definisi ‘kaya’ adalah mereka yang sering liburan, naik sebesar 350% dibandingkan tahun sebelumnya.

Amir Widjaya, EVP Marketing & Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP mengatakan pandangan soal dampak yang kurang baik terhadap kesehatan finansial. Mereka yang percaya bahwa definisi ‘kaya’ berkaitan dengan hal-hal yang bersifat non-investasi, seperti rumah mewah atau fashion bermerek ataupun sering travelling/konser, memiliki skor kesehatan finansial yang rendah.

Namun anak-anak muda yang mendefinisikan kaya mengaitkan dengan investasi memiliki skor finansial yang baik. “Mereka yang mengaitkan ‘kaya’ dengan memiliki produk investasi seperti emas, properti yang disewakan, produk bank lainnya, memiliki skor finansial yang lebih sehat,” kata Amir dalam konferensi pers peluncuran Financial Fitness Index 2023 di Jakarta (23/08/2023).

Najwa Shihab publik figur dan pendiri Narasi mengatakan menjadi generasi muda yang berkualitas bisa diawali dengan memiliki mindset yang benar tentang ‘kaya’. Ia mengingatkan agar anak muda tidak mudah tergiur dengan apa yang dilihat di media sosial, karena tidak semuanya seindah kelihatannya.

“Di sinilah media dan public figure bisa ikut mengambil peran dalam membentuk mindset generasi muda tentang kesehatan finansial. Yang dibagikan tidak harus selalu tentang kekayaan dan kemewahan, tetapi juga bagi ilmu bermanfaat tentang bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Di sisi lain, generasi muda juga harus mau belajar dan disiplin mengatur uang dan berinvestasi sejak dini, agar bisa menjadi trendsetter bukan hanya dalam hal lifestyle tapi juga finansial,” ujar Najwa.

Menambahkan tentang tren di kalangan anak muda, Inggit Primadevi, Director Consumer Insights di NIQ Indonesia mengungkapkan bahwa ada 54% generasi muda yang saat ini merupakan bagian dari sandwich generation. Jumlah sandwich generation meningkat sebanyak 9% dibandingkan tahun sebelumnya. Uniknya, skor kesehatan finansial mereka cenderung lebih sehat, yaitu 41,80, lebih tinggi dibandingkan skor Indonesia secara keseluruhan.

“Hal ini menunjukkan bahwa kesempatan untuk sehat secara finansial bisa diraih oleh semua kalangan, tidak terkecuali bagi mereka yang memiliki lebih banyak tantangan finansial. Artinya, dengan lebih fokus ke goals tertentu, seseorang bisa menjadi lebih sehat finansialnya,” kata Inggit.

OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 adalah sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NIQ yang menggambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia dengan melihat sikap dan perilaku dalam pengelolaan finansial mereka. OCBC NISP Financial Fitness Index 2023 merupakan riset tahun ke-3 setelah riset sebelumnya dirilis pada Agustus 2022 dengan melibatkan responden berusia 25-35 tahun yang berdomisili di Jabodetabek, Surabaya,Medan, Bandung dan Makassar dan memiliki penghasilan diatas Rp 5 juta serta memiliki rekening Bank.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved