Marketing Trends

OCBC NISP Gandeng Pegadaian Sediakan Layanan Investasi Emas

Nyala Festival (Foto: Dok. Audrey/SWA)

Sebagai upaya dalam mendorong masyarakat terus menabung dan berinvestasi agar financially fit, Bank OCBC NISP meluncurkan tabungan emas, produk dan layanan berbasis syariah yang memungkinkan nasabah untuk melakukan kegiatan investasi emas secara digital di One Mobile. Bekerja sama dengan Pegadaian, Bank OCBC NISP menjadi bank dengan tabungan emas digital pertama di Indonesia.

Berdasarkan catatan OCBC NISP Financial Fitness Index (FFI) 2023 menunjukkan bahwa angka kesehatan finansial generasi muda di Indonesia masih bisa ditingkatkan kembali karena berada di angka 41,16 dari 100. FFI 2023 juga mengungkapkan bahwa saat ini hanya 33% generasi muda yang paham terkait produk tabungan emas online.

Sementara, hasil dari riset menunjukkan bahwa mereka yang sudah paham dengan ketentuan produk dan manfaat tabungan emas online secara detail cenderung memiliki skor kesehatan finansial yang lebih baik dibanding dengan mereka yang belum paham.

Menanggapi hasil dari riset tersebut, Amir Widjaya, EVP Marketing and Lifestyle Business Division Head Bank OCBC NISP mengatakan bahwa Bank OCBC NISP senantiasa berkomitmen untuk mendukung masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia menjadi financially fit agar mereka tetap menikmati gaya hidup zaman sekarang. Salah satu cara yang dilakukan Bank adalah dengan menyediakan berbagai produk dan layanan investasi, termasuk Tabungan Emas ini. “Kami percaya bahwa generasi muda memiliki potensi yang besar untuk menjadi trendsetter ‘merdeka secara finansial’, agar masyarakat Indonesia lebih mandiri untuk mengejar aspirasi kehidupan,” ujarnya.

Tabungan Emas menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah, antara lain mudah; karena nasabah bisa melakukan investasi emas digital secara langsung melalui Aplikasi One Mobile tanpa perlu mengunduh aplikasi lain atau datang ke outlet. Cepat, karena pembelian emas nasabah langsung tercermin dalam Saldo Emas. Tabungan emas digital juga nyaman karena nasabah tidak perlu repot menyimpan emas batangan di rumah, melainkan saldo tabungan emas 100% stok fisiknya tersimpan dengan aman di Pegadaian. Oleh karena itu, nasabah juga dapat mencetak emas fisik dengan cara datang ke Outlet Pegadaian Syariah yang dipilih oleh nasabah.

Keunggulan lainnya adalah terjangkau di mana nasabah dapat melakukan jual beli emas mulai dari Rp10.000. Lebih lanjut, nasabah berpotensi lebih cuan sebab nilai emas cenderung meningkat dan stabil sehingga cocok untuk investasi jangka menengah dan panjang.

“Harapan kami dengan kolaborasi ini dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya investasi emas sejak dini, karena emas termasuk 10 instrumen investasi yang terbesar dari sisi komoditasnya dan merupakan instrumen investasi yang telah membuktikan ketahanannya terhadap krisis tahun 2008, krisis tahun 2018, bahkan tahun 2020 saat pandemi terjadi,” ungkap Senior Executive Vice President Transformation Office PT Pegadaian, Sahat P. Pangaribuan pada acara konferensi pers, Rabu (23/08/2023)

Seluruh nasabah Bank OCBC NISP dapat mengakses Tabungan Emas melalui aplikasi ONe Mobile. Caranya mudah untuk memulai nabung, dipastikan bahwa nasabah sudah melakukan registrasi pada menu beli pada saat nasabah pertama kali bertransaksi di Tabungan Emas yang terdapat pada aplikasi. Kemudian untuk melakukan pembelian emas, nasabah dapat memilih menu “Investasi” di aplikasi One Mobile, kemudian klik “Tabungan Emas”. Nasabah dapat melakukan pembelian emas dengan menggunakan saldo tabungan atau rekening giro.

“Tabungan emas yang merupakan salah satu instrumen investasi halal ber-akad syariah yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat untuk mendiversifikasi investasinya. Bersama dengan Pegadaian, Bank OCBC NISP semakin optimis dalam menghadirkan Tabungan Emas sebagai produk dan layanan investasi berbasis syariah yang mudah, aman, dan terjangkau,” tutur Mahendra Koesumawardhana, Kepala Unit Usaha Syariah Bank OCBC NISP.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved