Management Trends

Michael Page Ungkap Pergeseran Minat Para Pekerja Indonesia

Ilustrasi para pekerja. (dok KRL commuter)

Studi terkini yang dilakukan oleh agensi perekrutan, Michael Page Indonesia mengungkapkan bahwa 1 dari 2 karyawan telah mengalami perubahan peran sejak pandemi melanda. Survei yang diikuti oleh 2.203 pekerja dari Indonesia menunjukkan adanya pergeseran fundamental dalam hubungan tenaga kerja dengan pekerjaan mereka.

Akibat pergeseran tersebut, menimbulkan ‘revolusi terselubung’ dengan ciri-ciri adanya pendekatan yang lebih transaksional terhadap pekerjaan. Menurut laporan Talent Trends 2023 dari Michael Page Indonesia yang berjudul Revolusi Terselubung, laju perubahan ini menjadi semakin tinggi.

Sebanyak 95% penduduk Indonesia memulai pekerjaan baru pada tahun lalu, sementara yang lainnya masih terbuka untuk kemungkinan lain. Pola pikir yang fleksibel terhadap kemajuan karier telah menjadi norma baru, dengan sebagian besar pekerja memandang peralihan pekerjaan sebagai bagian dalam perjalanan pekerjaan mereka.

Olly Riches selaku Direktur Pelaksana Senior Michael Page Indonesia, Singapura, dan Filipina mengatakan, 95% dari seluruh karyawan di Indonesia bersikap terbuka terhadap peluang baru. Bahkan, karyawan yang secara umum senang dalam pekerjaannya juga bersikap terbuka untuk menjelajahi prospek karir yang baru.

“Riset kami menunjukkan bahwa sikap seperti ini masih tetap ada dan terlepas dari pergeseran apapun dalam dinamika perekonomian. Hasil study ini memang mengejutkan bagi sebagian orang, namun studi kami menekankan adanya transformasi jangka panjang dari pasar ketenagakerjaan seiring dengan usaha orang-orang dalam melakukan evaluasi ulang terhadap peran pekerjaan dan kehidupan mereka,” katanya, Kamis (24/08/2023).

Korelasi antara perekonomian dan perilaku pencarian pekerjaan menjadi semakin terlihat jelas. Nyatanya, 77% dari populasi memungkinkan mencari pekerjaan baru ketika lingkungan perekonomian memburuk. Statistik ini menekankan hubungan keadaan perekonomian dan ketenagakerjaan yang saling berpengaruh.

Nicholas Kirk selaku Pejabat Eksekutif Tertinggi di Page Group mengatakan, tren di Indonesia mencerminkan sentimen dari pasar talenta global. Setiap wilayah mengalami perubahan transformatif di seluruh kelompok usia, pasar, dan industri.

“Semua ini bukanlah tren yang akan berlalu dalam sekejap atau reaksi terhadap periode pergolakan. Namun, semua ini sedang membentuk ulang tempat kerja dengan cara yang akan menimbulkan perubahan yang halus namun fundamental, terhadap cara yang dilakukan oleh bisnis dalam menarik minat dan mempertahankan karyawan mereka,” katanya.

Nicholas mengatakan, temuan ini menyingkap adanya evolusi di pasar lapangan kerja Indonesia, dan agar bisa segera ditindaklanjuti oleh korporasi. Transformasi ini menuntut adanya kalibrasi ulang yang bijak dalam penentuan strategi dalam mendapatkan dan mempertahankan karyawan.

Dalam ajang kompetitif bagi karyawan dengan jabatan tinggi, perusahaan pemberi pekerjaan tidak sepatutnya hanya berpacu dengan pergeseran dramatis, namun juga harus melakukan tindakan antisipasi. Inilah saatnya bagi korporasi untuk menyusun strategi dengan mempertimbangkan pemikiran ke depan yang selaras dengan ekspektasi dan ambisi dari pencari kerja masa kini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved