Trends Economic Issues

Kolaborasi Pertamina dan Kemendag Mendongkrak Kompetensi UMKM

(kiri-kanan) Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Erick Thohir, Menteri BUMN, meninjau produk UMKM di Binjai, Sumatera Utara. (Ilustrasi foto : Dok).

PT Pertamina (Persero) mengakselerasi penggiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk penetrasi ke pasar global. Untuk itu, Pertamina dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkolaborasi untuk meningkatkan kemampuan dan kualita UMKM melalui berbagai pelatihan di program UMK Academy 2023.

VP Corporate Communications Pertamina Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, kolaborasi Pertamina dengan Kemendag bertujuan menambah ilmu pelaku usaha tentang kegiatan ekspor. Kemendag sebagai fasilitator perdagangan ke pasar mancanegara memiliki tenaga profesional yang dapat mengenalkan kebutuhan ekspor, serta memiliki jaringan sebagai akses UMKM untuk masuk ke pasar internasional. “Melalui pelatihan dari Kemendag ini, kami berharap para UMKM binaan Pertamina termotivasi untuk menghasilkan produk yang memiliki standar ekspor dan memahami syarat dan cara melakukan ekspor,” ujarnya seperti dikutip SWA Online pada Kamis (24/08/2023).

UMK Academy 2023 merupakan program Pertamina untuk membina UMKM. Secara bertahap, kurikulum program UMK Academy adalah Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global. Sinergi dengan Kemendag ini ditujukan untuk UMKM pada tahap Go Global, dimana selama 6 bulan para UMKM mendapat peningkatan kualitas produk dan pemasaran, juga pengetahuan akan pasar ekspor.

Fadjar menambahkan, program tersebut merupakan komitmen Pertamina mendukung UMKM naik kelas, sesuai dengan semangat Sustainable Development Goals (SDG’s) untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta peningkatan tenaga kerja produktif. Salah satu fasilitator dari Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia, Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kemendag, M. Andriza, berharap melalui pembekalan tersebut diharapkan UMKM akan lebih percaya diri dalam meniti pasar internasional.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target net zero Emission 2060 dengan mendorong program-program yang berdampak langsung terhadap capaian SDG’s. Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan environmental, social & governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved