CSR Corner

Gobel Group Gencarkan Aksi Tanam Pohon Bersama Emil Salim Institute

Polusi udara telah menjadi perhatian utama bagi masyarakat Jakarta dan berdampak negatif terhadap kesehatan dan kualitas hidup warga. Mengutip dari laman IQAir (US Air Quality Index (AQI US) atau indeks kualitas udara di Jakarta tercatat di angka 156 pada 18 Agustus 2023, yang menempatkan Jakarta sebagai kota dengan kualitas udara tidak sehat keempat di dunia.

Penurunan kualitas udara dan melonjaknya tingkat polusi telah memicu kebutuhan mendesak akan tindakan nyata untuk mengatasi masalah ini. Pada keterangan persnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 Pejabat Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan pentingnya penanaman pohon sebagai bentuk solusi dalam mengatasi persoalan tersebut.

Sebagai respons terhadap situasi tersebut, sekaligus dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Gobel Group diwakili oleh Widyastama Nugraha selaku Direktur Panasonic Gobel Life Solutions Indonesia bersama anak perusahaannya serta Komunitas Mangrove Muara Angke (KOMMA) dan Emil Salim Institute menyelenggarakan kegiatan penanaman pohon di kawasan Hutan Mangrove Pantai Utara Jakarta beberapa waktu lalu. Dengan peningkatan jumlah pohon, harapan akan udara yang lebih segar dan bersih menjadi lebih nyata, serta menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan nyaman bagi warga kota.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup RI dan Pembina Program Emil Salim Institute, Emil Salim menjelaskan, pihaknya selalu menyampaikan bahwa menanam pohon juga berarti menanam kehidupan baru bagi generasi selanjutnya. Dengan pertimbangan rekam jejak dalam mendorong gaya hidup dan lingkungan yang lebih sehat, pihaknya mengapresiasi Gobel Group yang ikut berkontribusi dalam inisiatif ini. Semoga ini dapat menjadi langkah awal menuju Lestarinya Indonesia di 2045 pada saat Indonesia merayakan 100 Tahun Kemerdekaannya dan tahun-tahun berikutnya.

Pohon mangrove diyakini memiliki manfaat besar dalam mengatasi polusi udara. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh Center for International Forestry Research (CIFOR) tahun 2012, data yang ada menunjukkan bahwa hutan mangrove merupakan salah satu hutan paling kaya akan kandungan karbon di kawasan tropis, dengan jumlah karbon sekitar 1023 Mg per hektar. Sebuah hasil studi yang sama juga dilakukan oleh para peneliti dari Amerika Serikat pada publikasi Marine Ecology Progress Series tahun 2022. Mengutip penelitian yang disadur melalui artikel di kompas.id, hasilnya juga membuktikan kemampuan luar biasa mangrove dalam menyimpan karbon dari atmosfer Bumi selama ribuan tahun.

Presiden Direktur & Grup CEO PT Gobel International Hiramsyah S. Thaib menyampaikan, sejalan dengan nilai perusahaan untuk berguna bagi masyarakat, Gobel merasa bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar di mana Perusahaan beroperasi. Penanaman pohon merupakan salah satu cara efektif untuk mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas udara yang kita hirup setiap hari.

Selain bertujuan mengatasi tantangan polusi udara yang mengancam kualitas lingkungan di Jakarta, kegiatan ini juga merupakan inisiatif Gobel Group bersama anak perusahaannya yaitu PT Gobel International, PT Gotrans Logistic International, PT Gobel Dharma Nusantara, PT Gobel Dharma Karya Sarana, PT Panasonic Life Solutions Manufacturing dan Sales, PT Panasonic Gobel Indonesia, PT Panasonic Gobel Energy Indonesia, dan PT Panasonic Manufacturing Indonesia untuk menjaga kelestarian alam di kawasan perkotaan melalui revitalisasi hutan mangrove.

Mangrove berperan sebagai benteng alami yang melindungi daerah perkotaan dari bencana alam seperti banjir, erosi pantai, dan badai. Akar-akar mangrove yang kompleks membantu menjaga tanah dan pasir tetap terikat, sehingga mengurangi risiko erosi dan abrasi pantai.

Kawasan Pantai Utara Jakarta, yang telah ditetapkan sebagai kawasan strategis DKI Jakarta, membentang sepanjang 32 km dan memiliki peran penting sebagai gerbang masuk dari laut. Kawasan ini mencakup beragam aktivitas masyarakat serta pembangunan, termasuk obyek vital. Revitalisasi hutan mangrove di pantai utara DKI Jakarta bertujuan untuk menciptakan sebuah model pembangunan yang berkelanjutan, dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip tersebut dalam pengelolaan ruang hutan mangrove serta pemberdayaan masyarakat pesisir.

Dalam era di mana perubahan iklim dan lingkungan menjadi isu global yang semakin mendesak, langkah konkret seperti ini membuktikan bahwa sektor swasta dapat menjadi bagian integral dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan. Ini merupakan salah satu bentuk prinsip perusahaan Gobel Group yaitu untuk berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan negara.

“Kami berharap bahwa upaya bersama dalam mengatasi polusi udara di Jakarta akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dan generasi mendatang,” ujar Rachmat Gobel, Chairman dan Shareholder Gobel Group.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved