CSR Corner

Bank DBS dan Benih Baik Lestarikan Alam dan Budaya Setu Babakan

Bank DBS Indonesia berkolaborasi dengan BenihBaik.com menghidupkan kembali Kampung Budaya Betawi, Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Kampung Budaya Betawi dipilih karena ikon budaya Betawi dan menjadi titik pengendali banjir Jakarta.

Adapun kegiatan yang dilakukan yakni membersihkan lingkungan Setu Babakan yang berhasil mengumpulkan 292,8 kg sampah dalam waktu satu jam, menanam pohon trembesi untuk penghijauan, serta menyalurkan tempat sampah portable untuk mendorong kebiasaan hidup bersih.

Selain itu, mengedukasi daur ulang sampah untuk dijadikan produk bernilai guna, serta kelas literasi keuangan dasar untuk memberdayakan masyarakat sekitar. “Kolaborasi dengan BenihBaik.com ini adalah wujud nyata dari pilar keberlanjutan Bank DBS Indonesia yang ketiga, yakni Impact Beyond Banking yang menggarisbawahi dedikasi kami untuk berkontribusi pada lingkungan dan masyarakat, sejalan dengan misi kami untuk menjadi Best Bank for a Better World,” kata Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Lim Chu Chong dalam keterangannya (25/08/2023).

Dia berharap kegiataan ini bisa melestarikan Setu Babakan serta warga sekitar dan menjadi pendorong Bank DBS untuk menjangkau lebih banyak komunitas. Sementara itu, CEO & Pendiri BenihBaik.com Andy F. Noya menjelaskan bahwa kolaborasi ini membuktikan Bank DBS dan BenihBaik memiliki kekuatan untuk menciptakan perubahan yang positif.

“Besar harapan kami agar dampak positif yang dihasilkan dari inisiatif ini tidak hanya akan memberi manfaat bagi Setu Babakan, Jagakarsa saat ini, tetapi juga akan menjadi benih baru yang akan tumbuh menjadi lebih besar dan lebih berarti di masa yang akan datang,” kata Andy.

Tahun ini, Bank DBS Indonesia berkomitmen menanam 5.000 pohon bakau, trembesi dan jenis pohon hutan tropis lain yang tersebar di Jakarta, Cilegon, Bogor, hingga Bali. Hingga Juli 2023, karyawan Bank DBS Indonesia juga telah mencatatkan 12.169 jam yang didedikasikan untuk kegiatan sukarelawan sebagai bagian dari People of Purpose.

Sementara itu, literasi finansial juga diberikan kepada masyarakat di Setu Babakan sejalan dengan kebijakan pemerintah meningkatkan literasi keuangan dan digital masyarakat Indonesia. Beberapa kota yang sudah disinggahi DBS antara lain Makassar, Medan, Pontianak dan Balikpapan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved