Technology Trends

Bisnis AI Generatif Bakal Tumbuh

Ilustrasi foto : Istimewa.

Kecerdasan artifisial (AI/artificial intelligence) merupakan penerapan analisis canggih dan teknik berbasis logika, yang berperan untuk menafsirkan peristiwa, mendukung, dan mengotomatisasi keputusan serta mengambil tindakan. Beberapa contoh penggunaan AI dalam era ini antara lain otomatisasi, layanan pelanggan, pencarian rekomendasi, peringatan dan masih banyak lagi.

Berada di garis depan transformasi digital perusahaan, adopsi AI dengan cepat akan mendorong diferensiasi yang lebih kompetitif, lebih gesit, serta responsif terhadap perubahan ekosistem. Membantu organisasi untuk mengatasi berbagai tantangan dan memastikan masa depan bisnis dengan meningkatkan kecepatan dan produktivitas, mengurangi biaya, mendorong inovasi, dan mendorong pertumbuhan.

Susanto Djaja, Presiden Direktur PT Metrodata Electronics Tbk, mengatakan AI sebagai the next big thing di dunia teknologi. “Meski sebenarnya AI itu sudah ada sejak lama, tetapi AI belum banyak diaplikasikan di segmen korporasi. Kami mengharapkan mereka mendapatkan awareness dan pemahaman terhadap AI, serta Metrodata sebagai mitra yang siap membantu implementasi AI melalui kemitraan dengan berbagai principal,” ujar Susanto di Jakarta seperti dikutip pada Minggu (27/8/2023).

Indonesia sedang menghadapi sebuah peluang yang signifikan ditengah volatilitas global yang besar. Anaplan mengapresiasi Metrodata dalam membantu organisasi mengubah cara mereka melihat, merencanakan, dan memimpin bisnis mereka dengan percaya diri, memanfaatkan kekuatan teknologi baru seperti AI dalam wawasan yang dapat dijalankan, mendemokratisasi data. “Dan membuatnya lebih mudah diakses sehingga mereka dapat dengan percaya diri memberikan nilai yang lebih besar guna mendorong pertumbuhan bisnis mereka,“ ucap Magdalena Hendrata, Regional Vice President Anaplan Indonesia & Thailand

AI, khususnya AI generatif, sangat menarik perhatian publik baru-baru ini dan menghadirkan peluang yang signifikan. Namun, kemampuan aplikasi, database, dan sistem yang didukung AI untuk beradaptasi dengan beragam macam konteks data secara real time adalah kuncinya. Ini mendorong Confluent mengatasi tantangan data dalam AI. “Platform ini memberdayakan perusahaan untuk memanfaatkan seluruh data mereka untuk menciptakan basis pengetahuan realtime, menghadirkan konteks pada momen yang tepat, dan mengatur aliran data dalam aplikasi AI secara menyeluruh seiring dengan pergerakannya,” kata Rully Moulany, Area Vice President Asia Confluent.

Anang Efendy, Country Manager, Enterprise and Public Sector Indonesia, Google Cloud, mengatakan setiap CEO dan CIO di sektor publik dan sektor swasta menyatakan minat untuk mengadopsi Google Cloud. Kemampuan AI generatif cloud untuk melayani karyawan, masyarakat, dan pelanggan dengan lebih baik. “Mereka menyadari bahwa tidak seperti tujuan umum, chatbot AI generatif yang dihadapi publik yang telah menarik perhatian arus utama, aplikasi AI generatif bisnis harus dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan dan fungsi organisasi tertentu, memberikan respons akurat yang didasarkan pada sumber data yang disetujui perusahaan, dan menghindari pengungkapan kekayaan intelektual perusahaan sebagai informasi public,” tuturnya.

Google Cloud telah memanfaatkan inovasi Google selama puluhan tahun dalam AI untuk memberikan perusahaan kursus keterampilan dan infrastruktur, model, dan alat yang dibuat khusus yang dibutuhkan untuk mengembangkan dan menerapkannya dengan cepat dan hemat biaya. AI generatif diaplikasikan dengan keamanan dan tata kelola data yang terintegrasi. “Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan mitra seperti Metrodata untuk membantu organisasi memanfaatkan perangkat ini guna menciptakan solusi AI yang berani, bertanggung jawab, dan berdampak yang bermanfaat bagi Indonesia dan masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia mengatakan transformasi AI madalah transformasi yang mampu mendemokratisasi teknologi. ”Ada begitu banyak organisasi lintas skala, industri, dan wilayah di Indonesia yang telah mengoptimalkan demokratisasi ini menggunakan Microsoft AI, khususnya generative AI. Mulai dari perusahaan pengembang properti, perusahaan telekomunikasi, produsen motor listrik asal Semarang, hingga startup asal Bandung dan Yogyakarta,” ujar Dharma.

Untuk mengembangkan AI, Metrodata pada 23 Agustus 2023 menggelar Metrodata Solution Day (MSD) 2023 yang mengusung tema The Power of AIin Digital Supremacy Era. Penyelenggaraan MSD tahun ini adalah yang ke-18 kali. AI di era supremasi digital itu merupakan penerapan analisis canggih dan teknik berbasis logika, yang berperan untuk menafsirkan peristiwa, mendukung, dan mengotomatisasi keputusan serta mengambil tindakan. Beberapa contoh penggunaan AI dalam era ini antara lain otomatisasi, layanan pelanggan, pencarian rekomendasi, peringatan dan masih banyak lagi. Berada di garis depan transformasi digital perusahaan, adopsi AI dengan cepat akan mendorong diferensiasi yang lebih kompetitif, lebih gesit, serta responsif terhadap perubahan ekosistem.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved