Automotive

Kreasikan Difrensiasi Produk, Alva Cervo Mengusung Fitur Boost

Foto : IMG.

Strategi pemasaran agen tunggal pemegang merek (APM) sepeda motor listrik mengandalkan jaringan layanan purna jual atau 3S (sales, service,& sparepart) , diferensiasi produk, serta berkolaborasi lintas sektor untuk memacu publik beralih ke sepeda motor listrik.

Pola pemasaran yang dibarengi penambahan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik berpeluang besar mengakselerasi publik untuk mengadopsi sepeda motor listrik. Hal ini disampaikan oleh pakar pemasaran sekaligus Wakil Rektor I Universitas Prasetiya Mulya, Agus W. Soehadi, yang menjabarkan beragam tantangan APM untuk memacu minat publik beralih ke sepeda motor listrik.

Dia mengatakan kontribusi penjualan motor listrik belum mencapai 1% dari total penjualan motor konvensional. “Dan tantangan dari pengelola merek-merek motor listrik adalah memperbesar pasar motor listrik. Dalam kurva difusi inovasi motor listrik masih berada di posisi inovator, yang biasanya kurang 2,5%. Perlu usaha yang intensif melalui kolaborasi dengan merek-merek lainnya dan pemerintah terkait insentif dan memperbanyak kegiatan test ride dan test drive motor listrik,” tutur Agus saat dihubungi SWA Online pada Senin (28/08/2023).

Agus berpendapat faktor penting lainnya adalah ketersediaan infrastruktur pendukung, yaitu layanan pemeliharaan baterai dan akses terhadap pengisian daya (chargingstation) baterai sepeda motor listrik. Dia mengestimasikan pengguna motor menghabiskan durasi perjalanan sekitar 4-6 jam per hari sehingga ketersediaan stasiun pengisian daya ini perlu ditambah untuk memudahkan akses konsumen mengisi ulang baterai.

Selain ekosistem itu, Agus menyampaikan, para produsen sepeda motor listrik menonjolkan beragam unique selling proposition (USP), diantaranya sepeda motor listrik yang hemat biaya, perawatannya mudah, mendukung lingkungan yang lebih bersih, pengalaman berkendaraan yang tenang dan nyaman, menyediakan fitur akselerasi kecepatan, desain inovatif dan futuristik, serta mendapatkan insentif dari pemerintah. “Masing-masing merek akan menonjolkan beberapa fitur ini,” ungkapnya.

PT Ilectra Motor Group (IMG) mencoba menawarkan USP di sepeda motor listrik terbaru. IMG pada 27 Mei 2023 meluncurkan Alva Cervo. Peluncuran Alva Cervo menambah portofolio IMG menjadi dua model. Sebelumnya, IMG merilis Alva One di semester II tahun lalu. Baru-baru ini, IMG menggenjot pemasaran kedua sepeda motor listrik ini pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 10-20 Agustus 2023. USP yang ditonjolkan adalah di fitur boost di Alva Cervo.

Fitur ini mengakselerasi kecepatan dalam tiga opsi mode, yaitu eco, urban, dan sport. Teknologi booster di fitur ini untuk mengakselerasi kecepatan di tiga mode tersebut. IMG mengklaim fitur boost di Alva Cervo itu merupakan yang pertamakalinya ada di industry sepeda motor listrik Indonesia.

Perihal fitur boost ini, Agus mengatakan booster Alva Cervo merupakan bagian dari pengembangan untuk menciptakan diferensiasi produk atau USP. Fitur ini mengakselerasi kecepatan serta mobilitasnya lebih lincah, terutama di kawasan perkotaan.”Fitur ini juga membantu penghematan energi sehingga meningkatkan jarak tempuh dari baterai dan meningkatkan pengalaman berkendaraan penggunanya,” imbuh Agus.

Pada kesempatan terpisah, Putu Yudha, Chief Marketing Officer IMG, mengapresiasi penghargaan Most Driven Motorcycle untuk Alva Cervo di GIIAS 2023. “Penghargaan ini menjadi pengakuan atas inovasi dan keunggulan Alva Cervo sekaligus menjadi bukti animo masyarakat yang tinggi menyambut era peralihan ke kendaraan listrik di masa depan,” ujar Putu.

Alva Cervo mampu melaju pada kecepatan maksimal 103 km/jam dan jangkauan 125 km dengan dua baterai. Motor listrik ini dibenamkan layar TFT LCD, lampu LED, dan aplikasi My Alva terkoneksi smartphone pengguna. IMG memproduksi Alva Cervo dan Alva One di pabrik Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Kedua sepeda motor ini memenuhi syarat minimal TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 40%.

Spesifikasi Alva One & Alva Cervo

Sumber : IMG.

TKDN di Alva One dan Alva Cervo di atas 40% sehingga berpartisipasi di program bantuan pemerintah. IMG mendaftar kedua sepeda motor listrik ini ke program subsidi pemerintah ini. Calon konsumen penerima subsidi ini diverifikasi pada sistem SISAPIRA (Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua).

Pemerintah memberikan subsidi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) mulai 20 Maret 2023 hingga Desember 2023. Adapun, insentif itu mencakup insentif untuk sepeda motor listrik TKDN 40% sebanyak 200 ribu unit di tahun ini. Nilai insentif yang diberikan pemerntah adalah Rp 7 juta per unit.

Putu mengatakan pihaknya memperpanjang durasi potongan harga Rp 7 juta di semua lokasi penjualan resmi Alva. Perpanjangan ini dilakukan karena tingginya permintaan konsumen terhadap subsidi harga ini. “Kami ingin pengunjung merasakan sensasi mengendarai ALVA Cervo, terlebih saat menggunakan fitur boost yang merupakan fitur unggulan. Tak hanya itu, potongan harga 7 juta selama GIIAS juga diperpanjang sehingga bisa lebih banyak konsumen yang bisa mendapatkan manfaat serupa meskipun tidak hadir di GIIAS,” ucap Putu.

Lebih lanjut, Agus menghimbau APM tak hanya mengandalkan teknologi sebagai pembeda produk, tetapi menciptakan ekosistem yang memudahka konsumen. Caranya, APM menjalin kemitraan dengan produsen baterai serta mini market untuk menyediakan fasilitas yang dibutuhkan pengguna sepeda motor listrik. “Atau bermitra dengan stasiun pompa bensin untuk mengembangkan sistem plug in atau berkolaborasi dengan lembaga-lembaga penelitian untuk pengembangan pengisian daya baterai di kawasan perumahan untuk menciptakan proses yang lebih efisien,” kata Agus seraya menjabarkan ekosistem sepeda motor listrik harus terintegrasi agar mendorong penetrasi sepeda motor listrik.

Kolaborasi Pacu Adopsi Motor Listrik

Berbicara kolaborasi, Alva menjalin berkolaborasi dengan pihak-pihak yang memiliki tujuan yang sama, salah satunya dengan Pura Mangkunegaran Surakarta. Kolaborasi ini dilakukan melalui penyerahan motor listrik Alva Cervo kepada KGPAA Mangkunegaran X (Gusti Bhre) di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, pada 7 Juli 2023.

Rainier Haryanto, Managing Director IMG, mengatakan Alva Cervo yang diserahkan kepada Gusti Bhre diharapkan dapat menjadi sarana edukasi kendaraan listrik di lingkungan istana, yang kemudian diteruskan kepada masyarakat Surakarta secara lebih luas. “Penyerahan motor listrik ini diharapkan dapat membantu mewujudkan inisiasi Mangkunegaran yang terdepan dalam mempertahankan budaya dan sejarah serta kian maju dalam mewujudkan ruang hijau terbuka di wilayah kota Surakarta,” ujar Rainier. IMG meyakini kerjasama dengan sosok pemimpin muda di Surakarta seperti Gusti Bhre akan menciptakan dampak yang positif dan signifikan dalam mempercepat publik mengadopsi kendaraan listrik.

Langkah ini melanjutkan praktik sejenis di November 2022. Kala itu, IMG dan pengelola Alila Villas Uluwatu di Bali menandatangani perjanjian nota kesepahaman (MoU). Kesepakatan ini kerjasama perdana antara Alva dengan pelaku industri pariwisata dan perhotelan di Indonesi. Kerjasama kedua belah pikah mencakup kerjasama yang meliputi penyediaan Alva ONE sebagai kendaraan operasional bagi karyawan Alila Villas Uluwatu, dan juga fasilitas kendaraan bagi para tamu yang menginap di Alila Villas Uluwatu kala digelar KTT G20 di Bali.

Bulan berikutnya, IMG pada Desember 2022 hingga Januari 2023 menggelar Alva Mall to Mall di Mall AEON BSD (Tangerang), Blok M Plaza (Jakarta) dan Botani Square Mall (Bogor) . Kegiatan ini menjembatani publik untuk berkomunikasi langsung dengan Product Specialist Alva. Layanan konsumen dan purna jual Alva ada di Alva Experience Center Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang serta Alva Studio Bali.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved