Strategy

Bali Timbungan Buka Gerai Kedua di Jakarta

Restoran Bali Timbungan membuka cabang keduanya di Kawasan Mahakam, Jakarta Selatan. Dengan pembukaan cabang ini, maka total cabang yang dimilikinya berjumlah empat yakni di Sarinah Jakarta, wisata edukasi Secret Garden Village Bedugul, dan Sunset Road Kuta Bali.

Ivan, Direktur Utama PT Bali Boga Natura mengatakan Kawasan Mahakam dipilih lantaran menjadi pusat aktivitas masyarakat Jakarta. “Kawasan Mahakam memiliki banyak gedung instansi pemerintahan, hotel, mall, dan lainnya, ” kata dia (28/08/2023). Cabang ini sekaligus akan menjadi central kitchen Bali Timbungan di Jakarta.

Dia melanjutkan gerai baru ini adalah komitmen SGV Group untuk mengembangkan bisnis hingga ke luar Bali. “ini juga menjadi cara kami menghadirkan masakan Bali untuk warga Jakarta,” ujarnya. Dengan mengangkat mengusung Balinese Heritage Cuisine, Bali Timbungan menghadirkan beragam menu khas Bali, salah satunya bebek timbungan yang merupakan hidangan tertua Bali.

Menurut naskah kuno Dharma Caruban, makanan ini disuguhkan untuk para raja-raja di Bali. Adapun salah satu kunci kenikmatan bebek timbungan, ujarnya, terletak pada teknik memasak slow cook dengan menggunakan bambu dan asap dari api kecil.

Ivan melanjutkan selain menghadirkan hidangan tertua Bali, pihaknya juga melestarikan tradisi Megibung yakni tradisi makan bersama dalam satu wadah da duduk dalam posisi melingkar. Menu Megibung yang ditawarkan diambil dari filosofi nyegara gunung (gunung dan laut, yakni Megibung Bebek dan Megibung Seafood. Sekedar tahun, Megibung sendiri terdiri dari beberapa jenis makanan dari beberapa daerah di Bali yang digabungkan dalam satu wadah yang dinamakan Dulang.

Lebih jauh dia menceritakan, restoran yang menyasar segmen kalangan menengah dan atas ini didirkan pada tahun 2016 dengan nama The Luwus Restaurant dengan menyediakan menu andalan Bebek Timbungan. Namun, pada tahun 2022 The Luwus Restaurant mengganti namanya menjadi Bebek Timbungan sekaligus membuka gerai pertamanya di Jakarta, Sarinah.

“Untuk cabang berikutnya, kami masih mencari tempat yang cocok yang mungkin traffic dan tempatnya akan sama seperti di Mahakam,” kata Ivan menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved