Capital Market & Investment

ASN di Jambi Dipompa Literasi dan Inklusi Pasar Modal

Ilustrasi foto : Vicky Rachman/SWA.

PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jambi, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Jambi (Pemkot Jambi), PT Phintraco Sekuritas, PT FAC Sekuritas, PT BRI Danareksa Sekuritas, dan PT Korea Investment and Sekuritas Indonesia menandatangani Pencanangan 1.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jambi Investor Saham dan Peresmian Galeri Investasi Syariah BEI STAI Ma’arif Jambi pada hari Rabu pekan ini.

Program literasi dan edukasi pasar modal bertajuk Sadar Investasi dan Gerakan Inklusi Kota Jambi (SIGINJAI) ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Kantor Perwakilan BEI Jambi hingga mencapai minimal 1.000 ASN Kota Jambi yang berpartisipasi. Walikota Jambi H. Syarif Fasha, menyampaikan, Pemkot Jambi sangat mendukung kegiatan edukasi dan literasi kepada ASN Kota Jambi agar para ASN dapat mengenal investasi di pasar modal dengan baik serta benar.

Direktur BEI Sunandar menyatakan Pencanangan 1.000 ASN Kota Jambi Investor Saham dan Peresmian Galeri Investasi Syariah BEI STAI Ma’arif Jambi merupakan komitmen BEI meningkatkan literasi serta inklusi pasar modal di kalangan ASN Kota Jambi.

Jumlah investor di pasar modal Indonesia tumbuh secara signifikan sepanjang tahun 2023. Sampai dengan 23 Agustus 2023, jumlah investor pasar modal adalah 11.538.536 single investor identification (SID) dan jumlah investor saham sebesar 4.935.215 SID. “Per Juli 2023, jumlah investor pasar modal Provinsi Jambi tercatat 109.067 dan 47.794 investor saham. Namun di sisi lain, masih terdapat masyarakat yang terjerat investasi dan pinjaman ilegal. Sehingga pemahaman akan pengelolaan keuangan dan investasi yang baik sekaligus benar perlu diberikan agar dapat merencanakan kehidupan yang lebih baik adalah investasi di pasar modal,” tutur Sunandar pada Rabu (30/8/2023).

Program ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat di Kota Jambi khususnya ASN. Lebih lanjut Sunandar menyatakan harapannya agar sinergi, serta kolaborasi antar pemangku kepentingan di seluruh Indonesia dapat semakin meningkat dan seluruh pihak dapat semakin berperan aktif dalam mengembangkan pasar modal Indonesia.

Program pencanangan ini juga sejalan dengan kampanye Aku Investor Saham yang bertujuan untuk mendorong peningkatan jumlah investor, sehingga semakin banyak masyarakat bisa menikmati potensi pertumbuhan pasar modal Indonesia. Diharapkan ke depannya sinergi serta kolaborasi antar stakeholders dapat semakin meningkat dan seluruh pihak dapat berperan secara aktif mengembangkan pasar modal Indonesia.

Terlebih lagi, pemahaman dan sosialisasi terkait keuangan serta investasi yang legal di pasar modal dapat ditingkatkan, serta memperluas cakupan penyebaran informasi pasar modal kepada masyarakat umum khususnya kepada ASN di Kota Jambi.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved