Trends Economic Issues

Hingga Agustus, Biaya Pembebasan Lahan di IKN Tembus Rp723 Miliar

Hingga 25 Agustus 2023 pembebasan lahan untuk IKN tembus Rp723 miliar. (dok PUPR)

Pemerintah saat ini tengah membangun Ibu Kota Nusantara di Kalimantan. Projek Strategis Nasional (PSN) ini menelan dana yang tidak sedikit. Untuk pembebasan lahan saja misalnya, sampai 25 Agustus 2023 Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah mengeluarkan dana sebesar Rp723,787 miliar.

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi menyampaikan di bidang pendanaan lahan, LMAN mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah, tidak hanya di IKN. Dukungan pendanaan ini untuk menghasilkan manfaat berupa percepatan konektivitas, peredaran barang dan jasa, pemenuhan kebutuhan sumber daya air maupun manfaat berganda bagi pergerakan sektor pariwisata dan UMKM dengan adanya pembangunan infrastruktur.

Realisasi pendanaan lahan untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), LMAN telah merealisasikan sebesar Rp723,787 miliar. Uang tersebut digunakan untuk pembebasan lahan akses jalan IKN sebesar Rp466,183 miliar dan Kawasan Inti sebesar Rp257,604 miliar.

Sementara realisasi pendanaan pengadaan lahan terbesar pada 2023 (sampai dengan 25 Agustus 2023) ini dicapai oleh sektor jalan tol senilai Rp8,224 triliun, kedua diikuti oleh bendungan senilai Rp1,162 triliun, dan ketiga irigasi senilai Rp29,114 miliar. Basuki mengaku realisasi pendanaan pengadaan lahan terus didorong untuk penguatan perekonomian, terutama bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Integritas bagi LMAN merupakan pondasi ketercapaian kinerja yang lebih baik. Kami memerlukan dukungan serta kolaborasi seluruh pemangku kepentingan agar kinerja LMAN dapat terus memberikan manfaat bagi masyarakat”, ujar Basuki Purwadi dalam keterangannya di depan awal media, Kamis (31/08/2023).

Sementara Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban mengatakan optimalisasi aset negara dan pendanaan pengadaan lahan untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) terus didorong. Ini semata-mata bertujuan mendukung penguatan fiskal guna menghasilkan manfaat bagi masyarakat. Pada tahun 2023 ini (per 25 Agustus 2023), LMAN yang berfungsi melaksanakan optimalisasi aset negara dan pendanaan pengadaan lahan pembangunan infrastruktur PSN membukukan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) senilai Rp2,19 triliun dan realisasi pendanaan pengadaan lahan dari APBN untuk pembangunan infrastruktur senilai Rp10,378 triliun.

“Pemerintah memberikan pembiayaan kepada LMAN terkait pembebasan lahan. Saat ini LMAN juga dilibatkan terkait dalam hal adanya pembebasan tanah yang berkaitan dengan IKN, yang menjadi sesuatu hal yang baru. Pembiayaan PSN lain juga terus dilakukan. Untuk itu, seperti disampaikan dalam Nota Keuangan 2024, pemerintah menyertakan investasi sebesar Rp15 triliun pada LMAN,” katanya.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved