Capital Market & Investment

Danareksa Pacu Investasi Perbaikan Akses Air Bersih di Indonesia

Foto : Istimewa.

PT Danareksa (Persero) atau Danareksa menyokong Indonesia sebagai pilar episentrum pertumbuhan ekonomi di ASEAN melalui partisipasinya pada ASEAN Indo Pacific Forum (AIPF): Implementation of the ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang akan diselenggarakan pada 5-6 September 2023 di di Jakarta. Pada kegiatan ini, Danareksa menunjukkan perannya dalam mendukung pembangunan infrastruktur air bersih melalui Indonesia Water Fund (IWF) yang bertujuan untuk mengakselerasi air bersih di Indonesia.

Direktur Utama Danareksa Yadi Jaya Ruchandi menyampaikan, program IWF sejak diluncurkan Oktober 2022 menjadi sarana investasi kepada investor, antara lain BUMN, sovereign wealth fund, swasta, maupun perusahaan global untuk terlibat dalam pendanaan infrastruktur akses air bersih. “Danareksa terus mengembangkan potensi kerja sama dan berkolaborasi dengan sejumlah Perusahaan global untuk mewujudkan 10 juta sambungan rumah (SR) baru,” ujar Yadi di Jakarta, Jumat (01/09/2023).

Adapun rencana pembentukan IWF ini membutuhkan pengelolaan aktif atas investasi dan dukungan teknis di bidang sumber daya air dari Strategic Partners dan dukungan dana investasi dari Financial Investors. Danareksa, lanjut Yadi, mengapresiasi pemerintah karena telah memberikan kesempatan bagi Danareksa untuk terlibat dalam businesss matchmaking di AIPF. “AIPF akan menjadi platform yang tepat bagi Danareksa untuk membuka peluang kerja sama bisnis dengan mitra di kawasan Indo-Pasifik membangun infrastruktur di bidang penyediaan air bersih,” tambah Yadi.

Pada peluncuran IWF lalu, Menteri BUMN, Erick Thohir, turut mengungkapkan bahwa Peran mitra strategis dibutuhkan dalam program IWF guna mencapai hasil yang optimal dalam proses pengoperasiannya. Yadi pun mengungkapkan, saat ini Danareksa bersama dengan strategic partners telah mengidentifikasi beberapa proyek yang akan dijalankan sebagai pilot. Adapun yang menjadi perhatian kami pada tahun adalah pelaksanaan proyek SPAM dengan target kapasitas dalam kisaran 1.000 – 5.000 lps (liter per second) yang harapannya akan memberikan cakupan pelayanan hingga 16 kecamatan pada kota besar di pulau Jawa.

Mengusung konsep AIR (akses, investasi, dan replikasi) yang menjadi pilarnya, IWF memberikan kemudahan dalam melakukan replikasi atas struktur pendanaan, sehingga investor tidak perlu mengulang keseluruhan proses dalam setiap pelaksanaan investasi. Keunggulan IWF lainnya juga terdapat pada rantai sinergi yang terkait dalam Holding BUMN Danareksa yang mencakup bidang pengelolaan sumber daya air oleh Perum Jasa Tirta I dan Perum Jasa Tirta II, bidang konstruksi oleh PT Nindya Karya, dan bidang konsultan karya oleh PT Virama Karya (Persero), PT Yodya Karya (Persero), dan PT Indra Karya (Persero).

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved