Strategy

Fore Coffee Segera Buka Kedai di Singapura

Merambah pasar internasional, Fore Coffee akan membuka gerai kopi di negara Singapura pada tanggal 9 November 2023 mendatang, tepatnya di Bugis Junction. Dengan perjalanan perusahaan yang berkomitmen untuk mendorong keunggulan produk lebih dari 5 tahun, Fore Coffee telah mengukuhkan posisi sebagai pemain utama dalam peta kopi Indonesia, dengan jaringan sejumlah 150 gerai di seluruh Indonesia pada bulan September 2023.

Sebagai pemerhati dan penggiat budaya kopi Indonesia di Singapura, Fore Coffee menawarkan lebih dari sekadar produk kopi. Namun, juga menjadi momentum untuk rayakan kehidupan sehari-hari yang penuh inspirasi. Berdiri sejak tahun 2018, Fore Coffee muncul sebagai kekuatan besar dalam industri kopi Indonesia, yang ditandai dengan dedikasinya terhadap kualitas dan inovasi. Keberhasilan brand ini terletak pada penggunaan teknologi canggih, mulai dari alat, hingga aplikasi seluler, yang digabungkan dengan teknik pencampuran biji kopi yang terampil.

Brand kedai kopi ini memiliki narasi yang mengangkat nilai keterampilan, tradisi, dan semangat komunitas. Dengan kekaguman terhadap tanah Indonesia, brand ini dengan teliti mengkurasi biji kopi yang mewakili cita rasa unik dari setiap wilayah. Perjalanan ini mencerminkan keberlanjutan dan mendukung komunitas pertanian lokal. Para barista terampil dari merek ini memanfaatkan potensi biji kopi Indonesia untuk menciptakan cita rasa yang benar-benar khas. Setiap cangkir mencerminkan komitmen terhadap keunggulan, keberlanjutan, dan mengangkat pengalaman kopi menjadi bentuk seni.

Dengan komitmen teguh untuk mendapatkan biji kopi berkualitas tinggi secara langsung dari petani Indonesia di wilayah-wilayah seperti Aceh Gayo, Toraja, Jawa Barat, dan Bali, biji kopi Fore Coffee menjalani proses pemanggangan dan persiapan yang cermat sebelum diolah dengan mahir oleh baristanya. Komitmen terhadap otentisitas ini juga tercermin dalam campuran kopi unggulan mereka yang berjanji untuk mengubah kembali budaya kopi Singapura ‘The Indonesian Way’.

Perjalanan bisnis Fore Coffee telah mencapai profitabilitas sejak tahun 2021 di Indonesia. Bahkan di tengah tantangan pandemi, brand ini telah berhasil berkembang ke kota-kota tingkat 2 dan tingkat 3, tunjukkan ketangguhan dan adaptabilitas perusahaan. Didukung oleh pendanaan dari investor ternama termasuk East Ventures, SMDV, Pavilion Capital, Agaeti Venture Capital, Insignia Ventures Partners, dan beberapa investor individu, pertumbuhan Fore Coffee semakin diberdayakan oleh kinerjanya.

“Rancangan strategi posisi brand dan menu Fore Coffee mencerminkan perannya sebagai duta budaya kopi Indonesia di Singapura. Campuran kopi unggulan diciptakan dengan pemahaman mendalam tentang selera eksklusif warga Singapura, mengubah lanskap kopi lokal melalui lensa Indonesia,” ujar Vico Lomar, Co-founder & CEO Fore Coffee dalam keterangannya, Jumat (01/08/2023).

Pasar kopi Singapura menawarkan peluang yang menarik bagi masuknya Fore Coffee. Menurut penelitian yang dilakukan pada Juni 2023 bekerja sama dengan Redseer, konsultan strategi, pasar kopi Singapura diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR 5%, mencapai 1.286 juta US$ pada tahun 2027. Kecenderungan kuat warga Singapura terhadap kopi, dengan rata-rata mengonsumsi 6-7 cangkir per minggu, sejalan dengan misi Fore Coffee.

Brand ini meyakini kematangan pasar kopi di Singapura, dikombinasikan dengan kegemaran akan biji kopi Indonesia, terutama Arabika. Dengan pemahaman akan preferensi lokal dan komitmen terhadap inovasi, Fore Coffee siap berkembang dalam lanskap kopi Singapura.

Ekspansi Fore Coffee ke Singapura berpusat pada minuman khas unggulannya. Mulai dari Gula Aren Latte yang tercinta, hingga Pandan Latte, dan Butterscotch Sea-Salt Latte yang inovatif, kreasi-kreasi ini dikurasi dengan teliti agar selaras dengan preferensi lokal.

Berdasarkan data dan masukan dari Flavor Group Discussions (FGDs), Fore Coffee menciptakan 16 produk inti untuk merangkul budaya ngopi di Singapura. Dengan memperhatikan panduan gizi lokal, Fore Coffee memberdayakan individu untuk menikmati minuman mereka dengan bijak, mendorong pilihan individual yang lebih sehat dengan berbagai pilihan tingkat rasa manis dan variasi susu. Harga produk Fore Coffee mulai dari $4,5, sehingga masih dalam pagu harga yang cukup terjangkau dan tentunya dapat diakses oleh para pecinta kopi di seluruh Singapura.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved