Financial Report Capital Market & Investment

Bangun Pabrik Joint Venture, HOKI Agresif Investasi ke Bisnis Beras Sehat

Produsen beras merek Topi Koki, PT Buyung Poetra Sembada (HOKI) semakin agresif investasi ke bisnis consumer goods berbasis beras atau makanan sehat. Baru-baru ini melalui anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN), HOKI melakukan penandatanganan MoU pembentukan joint venture bersama PT Gita untuk membangun pabrik beras sehat yang rencananya akan mulai beroperasi pada 2025.

Adi Wijaya selaku Direktur Utama PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) menyampaikan penandatanganan MoU ini masih tahap awal dan akan dilanjutkan dengan pembentukan usaha patungan secara formal. HOKI melihat bahwa prospek beras sehat dengan brand DailyMeal nasi jagung dan nasi singkong mulai banyak diminati masyarakat.

“Untuk itu, ke depan kami ingin menjamin ketersediaan dan keberlanjutan pasokan aneka beras sehat agar dapat memenuhi kebutuhan pasar dan mendukung tercapainya proyeksi pertumbuhan volume yang dicanangkan HDN ke depan. Selain itu, JV ini juga akan meningkatkan laju inovasi produk-produk beras sehat dari HDN di masa mendatang,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (01/09/2023).

Diketahui, proses transformasi bisnis yang dimulai HOKI dengan diversifikasi produk ke sektor FMCG (fast-moving consumer goods) melalui HDN menunjukkan perkembangan yang positif dalam setahun terakhir. Penjualan Daily Meal sebagai produk FMCG perseroan pada Semester I 2023 mencapai Rp2,2 miliar, tumbuh 5.846% dibandingkan pada Semester II 2022.

Produk DailyMeal terbagi menjadi Daily Meal Rice berupa beras sehat alternatif yaitu dari beras jagung dan beras singkong, dan Daily Meal Eats berupa beras berbumbu instan seperti nasi kebuli, nasi goreng, dan nasi uduk, serta akan meluncurkan varian baru pada semester dua tahun ini.

Beras sehat yang diproduksi HOKI yaitu beras singkong dan beras jagung memiliki serat pangan yang tinggi dengan index glikemik rendah, sehingga aman untuk penderita diabetes dan dapat digunakan untuk program diet. Beras singkong dan jagung ini sangat diterima baik di berbagai modern market karena sesuai dengan gaya hidup sehat masyarakat perkotaan yang semakin mementingkan kesehatan.

“Rencana pembangunan pabrik baru khusus untuk beras sehat ini nantinya juga diharapkan akan menunjang target HOKI yang akan terus tumbuh dengan ditunjang empat sektor bisnis grup HOKI, yaitu Bisnis beras Topi Koki, Bisnis FMCG Daily Meal melalui HDN, Bisnis investasi melalui PT Hoki Investasi Sejati (HIS) serta Bisnis Energi Terbarukan melalui PT Buyung Poetra Energi (BPE),” ujar Direktur HOKI Budiman Susilo.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved