Automotive

Menjajal Stargazer X di Jalan Terjal Jogya-Solo-Jogya

Belum genap sebulan sejak pertama kali Hyundai Stargazer X diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada Agustus lalu, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menggelar “Media Drive Experience: Unleash the X in You with Stargazer X” pada 31 Agustus–1 September 2023.

Test drive Hyundai Stargazer X ini melewati berbagai jalan terjal naik turun dan berkelok-kelok dari Yogyakarta – Solo – Yogyakarta pada 31 Agustus–1 September 2023. Sebanyak 57 jurnalis termasuk SWA dan influencer mengikuti kegiatan menjajal low SUV asal Korea Selatan ini.

Test Drive Hari Pertama

Test drive hari pertama dimulai di Hotel Grand Dafam setelah para peserta mendarat di Yogyakarta International Airport. Dari sini, perjalanan dimulai menuju Magelang dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dengan rute yang cukup menantang untuk menguji kemampuan Stargazer X mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC dan sistem Intelligent Variable Transmission (IVT).

Adrenalin mulai dipacu saat tiba di Magelang dan mulai memasuki jalan menuju restoran Enam Langit yang menanjak nan curam naik ke atas bukit. Mobil ini pun memiiki fitur Drive Mode dengan empat pilihan berkendara (Eco, Comfort, Smart, dan Sport). Saat para peserta memilih mode Sport, mereka bisa menikmati performa lebih kendaraan untuk melibas kondisi jalanan menanjak menuju resotran yang sedang viral ini karena posisi resto ini seperti “negeri di atas awan” di atas Bukit Menoreh.

Kendati jalan menanjak dan bergelombang, Stargazer X nyaman dikendarai dengan menawarkan kabin yang luas dan bagasi yang lapang dengan kapasitas hingga 585 liter. Apalagi, Stargazer X juga punya pilihan Captain Seat yang memberikan sensasi premium serta memungkinkan penumpang duduk nyaman sambil menikmati pemandangan selama perjalanan.

Usai makan siang, para peserta melanjutkan perjalanan dengan rute Magelang–Solo yang melewati Jalur Kopeng yang terkenal berliku. Meski begitu, para peserta tetap bisa menikmati pemandangan sambil merasakan keamanan berkendara berkat Rear Disc Brake yang membuat pengereman lebih optimal, termasuk ketika melalui belokan yang cukup tajam.

Setelah itu, para peserta masuk ke jalan tol Semarang–Solo lewat gerbang tol Salatiga dengan panorama indah dari penampakan Gunung Merbabu. Selama di tol, para peserta semakin merasakan pengalaman berkendara Stargazer X berkat fitur-fitur berkendara seperti Cruise Control. Fitur ini dipakai untuk otomatis menjaga kecepatan secara konsisten tanpa perlu sering injak pedal gas. Bagi para peserta, kestabilan kendaraan saat menggunakan Cruise Control memberikan kenyamanan tersendiri, khususnya saat berkendara jarak jauh.

Perjalanan di tol juga memungkinkan para peserta memiliki rasa aman yang maksimal saat berkendara dengan dukungan Hyundai SmartSense. Sepanjang perjalanan, pengemudi bisa menjaga kendaraan tetap di jalur yang tepat dengan lebih mudah berkat panduan dari Lane Keeping Assist (LKA). Para peserta juga bisa lebih mudah mengawasi titik buta kendaraan dengan memanfaatkan fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) demi memastikan keamanan saat pindah lajur untuk menyalip atau berbelok.

Selain bantuan dari fitur-fitur terkini Hyundai Smartsense, LED Daytime Running Light (DRL) menjadi ciri khas lini Stargazer untuk meningkatkan keamanan berkendara. Tampilan LED DRL yang memanjang sepanjang bodi kendaraan membuatnya lebih mudah terlihat oleh pengendara lain di malam hari tanpa mengganggu pandangan.

Setiba di Solo, para peserta mengunjungi resto Soga Eatery untuk santap malam. Perjalanan hari pertama pun ditutup dengan beristirahat di Alila Hotel Solo.

Test Drive Hari Kedua

Pada hari kedua, para peserta menempuh perjalanan dari Alila Hotel Solo ke Yogyakarta menggunakan Hyundai Stargazer X. Dengan kondisi jalanan yang beragam seperti ketika melewati Waduk Gajah Mungkur Wonogori banyak menyusuri jalur menanjak dan menurun. Selain itu, tak jarang juga rombongan jurnalis ini menghadapi ruas jalan berbatu yang membelah bukit saat melalui pesisir pantai selatan.

Dalam menghadapi kondisi jalan yang terjal, berbatu dan berliku ini, para jurnalis termasuk SWA bisa merasakan ketangguhan Stargazer X yang menggunakan roda 205/50 R17 Diamond-cut Alloy. Selain itu, Stargazer X juga memiliki ground clearance tinggi mencapai 200 mm, sehingga kendaraan bisa melaju dengan lebih lincah, mulus, dan stabil di berbagai profil jalanan.

Walau melalui perjalanan yang cukup panjang, para peserta tetap bisa tetap asyik berkendara berkat Touch Display Audio 8 inci dengan Wireless Phone Connectivity (Android Auto dan Apple Carplay) yang didukung Bose Premium sound system dengan 8 speaker yang mudah dioperasikan dari smartphone.

Stargazer X juga efisien dalam mengonsumsi BBM berkat Intelligent Variable Transmission (IVT) yang mengoptimalkan kinerja mesin dan bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan memakai mode Eco pada Drive Mode. Performa Stargazer X bisa tetap maksimal berkat Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang mampu menghasilkan tenaga dan torsi maksimal masing-masing 115ps/6.300rpm and 143,8Nm/4.500rpm.

Para peserta diajak untuk menjelajahi keindahan pemandangan tepi pantai selatan di resto Segara by Inessya Kabupaten Gunung Kidul sambil menikmati santap siang. Setelah santap siang, para peserta kembali menempuh perjalanan sejauh 73 km menuju Landasan Pacu Depok Yogyakarta untuk menikmati pemandangan sore. Begitu tiba di Landasan Pacu Depok, rekan-rekan media diajak mengikuti berbagai challenge menarik untuk menikmati pengalaman bermanuver dengan Stargazer X, salah satunya melalui Front and Rear Parking Distance Warning (PDW) yang memanfaatkan sensor-sensor presisi dalam melacak objek-objek di sekitar kendaraan. Tak ketinggalan, para peserta juga menjajal langsung akurasi dari fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dalam memastikan keamanan kondisi ban melalui games tebak tekanan ban.

Akhirnya, menjelang awal malam, para peserta tiba di Kota Gudeg dan menginap di Hotel Tentrem Yogyakarta.

Dede Suryadi


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved