Property

Festival Properti Pertama di Indonesia Bidik Segmen Generasi Muda

99 Group, perusahaan induk yang menaungi marketplace properti Rumah123.com dan 99.co Indonesia menadakan pameran Hari Properti Nasional Festival (Harpropnas Fest) 2023 selama enam hari, 5 – 10 September 2023 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik mengungkapkan, Harpropnas merupakan perayaan tahunan yang diperingati setiap tanggal 9 September untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki hunian, mendapatkan wawasan serta panduan dalam mengambil keputusan terbaik terkait pemenuhan kebutuhan properti.

99 Group mengungkap tren Semester I 2023 memperlihatkan rumah tapak masih mendominasi permintaan sebesar 64,1 persen, disusul apartemen 10,4 persen dan tanah 9 persen. Dari segmen harga, pencari properti terlihat menyukai rentang harga hunian Rp400 juta -1 miliar dan Rp1-3 miliar. Temuan ini memperlihatkan pencari properti dari kelas menengah dan menengah atas cenderung signifikan sepanjang Semester I 2023. Mayoritas dari mereka didominasi kalangan generasi muda rentang usia 18-44 tahun yang mencapai 70,4 persen.

Jika diamati lebih jauh dengan dibandingkan Semester II 2022, kelompok usia 25-34 tahun mengalami pertumbuhan tertinggi dibanding kelompok usia lainnya, mencapai 2,8 persen. Umumnya mereka merupakan kalangan yang baru saja menikah, membangun keluarga baru, sehingga memiliki keinginan untuk mempunyai hunian sendiri. Ini dapat mendorong pertumbuhan dalam pencarian properti karena mereka mencari rumah atau tempat tinggal yang sesuai dengan perkembangan kondisi mereka saat ini. Di sisi lain, tentunya ini juga menunjukkan pentingnya perhatian pasar properti untuk memanfaatkan peluang minat kelompok usia tersebut dalam mencari hunian,” ujar dia.

Karena itu, 99 Group kembali menyelenggarakan peringatan Harpropnas dengan melibatkan berbagai pengembang projek properti. Ada developer Agung Podomoro Land, Sinar Mas Land, Modern Land Realty, Alam Sutera, Triniti Land dan sejumlah developer lainnya menawarkan berbagai pilihan projek properti kepada pengunjung Harpropnas Fest 2023. Masyarakat juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo menarik dari pengembang, termasuk diskon hingga Rp500 jutaan untuk hunian, cicilan mulai dari Rp1 jutaan, subsidi uang muka atau biaya KPR, logam mulia bahkan kesempatan memenangkan grand prize mobil.

Perayaan Harpropnas kali ini berbeda dan unik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya maupun pameran properti pada umumnya. Marketing Communication Manager 99 Group Indonesia Elizabeth Cornelia menjelaskan, “Kali ini kami mengusung konsep festival yang tak hanya memfasilitasi transaksi jual-beli properti, tetapi juga menghadirkan berbagai kejutan dan aktivitas seru yang dapat dinikmati kalangan manapun. Jadi, selain mencari hunian, para pengunjung juga dapat mempererat kebersamaan–bercengkrama bersama keluarga, teman, maupun pasangan melalui beragam aktivitas seru yang kami hadirkan di festival ini.”

Selain promo-promo menarik dari para developer, masyarakat yang berkunjung dan membeli hunian selama festival berlangsung akan memperoleh kesempatan liburan gratis dari 99 Group. Tak sampai di situ, pengunjung juga bisa mengikuti talk show inspiratif seputar properti; workshop menarik; games; menikmati hiburan dari musisi ternama, seperti Endah & Rhesa; berfoto-foto di 360 photo booth; sampai lelang gadget, furnitur, serta home appliance, mulai dari Rp50 ribuan.

Di sisi lain, masyarakat, terutama generasi milenial dan generasi Z diajak untuk menandatangani petisi ‘Cuti Hari Akad Rumah’. Tujuannya untuk menyuarakan kemudahan memperoleh tambahan cuti guna menyelesaikan akad rumah dengan lancar. Pasalnya, memiliki hunian impian merupakan keberhasilan atas jerih payah sekaligus salah satu pencapaian besar dalam hidup. Karenanya, setiap calon pemilik hunian berhak mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan tambahan cuti khusus di hari akad pembelian rumah dari perusahaan atau institusi tempat pemilik hunian bekerja.

“Harpropnas Fest 2023 diharapkan menjadi ajang festival properti yang menciptakan kesempatan bagi para pencari properti berinteraksi dengan para stakeholder properti lebih seru dan menyenangkan. Di sisi lain juga menjadi momentum pengingat bahwa upaya setiap manusia dalam mencari hunian patut didukung penuh semua pihak dikarenakan keberhasilan memperoleh hunian idaman merupakan salah satu capaian terbesar dalam hidup yang patut dirayakan,” ungkap dia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved