CSR Corner

Radjak Hospital Salemba Berikan Edukasi Kesehatan untuk Masyarakat

Guna memberikan edukasi kesehatan bagi masyarakat luas, Radjak Hospital Salemba (Radjak Hospital Group) memberikan edukasi terkait empat layanan ini seperti Pain Management, Neuroscience, Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik.

Dokter Spesialis Layanan Trauma, Orthopedic and Pain Management Center dr. Aryandhito Widhi Nugroho, Ph.D., Sp.BS, menjelaskan, Pain Management merupakan suatu tindakan minimal invasif yang dilakukan untuk meringankan dan mengurangi nyeri. “Terapi ini cukup efektif dalam menangani sejumlah keluhan nyeri lantaran memiliki sejumlah keunggulan, diantaranya tindakan ini bersifat minimal invasif, menggunakan bius lokal sehingga risiko lebih kecil,” ungkapnya (03/09/2023).

Terkait dengan Neuroscience, dokter yang akrab dipanggil dr. Dhito ini menjelaskan, Neuroscience merupakan pusat layanan kesehatan yang berfokus pada kesehatan saraf, yaitu saraf pusat yang terdiri atas otak dan sumsum tulang belakang atau medula spinalis serta sistem saraf tepi.

“Radjak Hospital Neuroscience Center memberikan layanan jika ada gangguan-gangguan terkait sistem saraf. Kejadian yang paling sering itu kecelakaan atau trauma, seperti cidera kepala atau cedera tulang belakang,” tuturnya. Hal ini dapat kdinilai apakah pasien ini dapat ditangani secara pengobatan terlebih dahulu atau sudah membutuhkan layanan pembedahan atau operasi.

Dokter Dhito juga menekankan, jika ada masyarakat yang mengalami gejala-gejala seperti sakit kepala yang berkelanjutan, atau nyeri tulang belakang tidak membaik atau misalnya ada kelemahan tangan dan kejang, kemudian gangguan memori untuk secepatnya diperiksakan. “Selain itu, misalnya bahkan kadang-kadang ada gejala-gejala seperti gangguan kesehatan jiwa, ternyata penyebabnya bisa saja kelainan di otak yang bisa diperbaiki. Jadi tidak melulu satu kondisi mental atau kondisi psikis saja, bisa periksakan ke kami,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dokter Bedah Plastik yang tergabung dalam Unit Luka Bakar Radjak Hospital Salemba dr. Poengki Dwi Poerwantoro PhD, Sp.BP-RE., MM menjelaskan, konsep rumah sakit sebelumnya adalah orang-orang yang mengalami gangguan kesehatan mencari kesembuhan. Seiring berkembangnya kebutuhan setiap manusia yang belum terlayani dengan baik, dalam hal ini misalnya kebutuhan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, tampil sehat, bugar dan tampil lebih cantik akhirnya berkembanglah layanan rumah sakit tersebut.

“Sebenarnya kalau diterjemahkan, rumah sakit itu dari kata hospital. Hospital itu dari kata hospitality, pelayanan, keramahan. Kami ingin menggarap Itu, sehingga tidak hanya orang yang sakit baru datang ke rumah sakit atau ke Radjak Hospital. Tetapi orang yang ingin tampil lebih baik sampai lebih sehat dan cantik. Penanganan estetika di rumah sakit tentu saja lebih komprehensif atau menyeluruh” katanya.

Radjak Hospital Salemba juga dapat melayani berbagai jenis layanan seperti pada pasien yang ingin sedot lemak misalnya, ingin menurunkan berat badan, sudah ada bariatrik. Nanti juga disiapkan alat untuk menyedot lemak, baik secara pembekuan lemak atau dengan sedot lemak. Sedot lemak sebaiknya dilakukan di rumah sakit, karena sedot lemak itu komplikasinya cukup banyak. Pasien bisa stress dan menyebabkan hal bermacam-macam. Di rumah sakit sudah ada ICU dan sebagainya sehingga dapat memberikan pelayanan komprehensif dalam hal ini.

Terkait dengan layanan komprehensif, sebagai rumah sakit yang telah berganti nama dari RS. MH Thamrin Salemba menjadi Radjak Hospital Salemba, Direktur Radjak Hospital Salemba dr. Ika Sofrina, MKK mengatakan, untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat pihaknya harus komprehensif dalam melayani semua lapisan masyarakat dan semua bidang pelayanan.

“Di satu tahun terakhir kami mengembangkan beberapa Center of Excellent (CoE). Jadi dengan di berbagai bidang pelayanan kesehatan ini, kami ingin melayani lebih komprehensif dan lebih maksimal. Dengan adanya CoE ini, kami menyediakan tenaga kesehatan para dokter spesialis dan sub-spesialis yang memang mumpuni di bidangnya, disertai dengan peralatan canggih. Itu yang kami hadirkan di tengah masyarakat ini. Di mana masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat DKI Jakarta, sudah mulai melek informasi Kesehatan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Radjak Hospital Salemba telah memiliki layanan kesehatan antara lain: Cardiac Center, Neuroscience Center, Digestive Center, Pain Management Center, Vascular-Endovascular Center, dan Trauma Center. Kecelakaan dan cidera sering kali mendatangkan dampak yang serius pada kesehatan dan kualitas hidup. Hadirnya Trauma Center ini bertujuan untuk memberikan perawatan cepat dan efektif bagi pasien trauma, sehingga dapat membantu mengurangi risiko komplikasi dan mempercepat proses pemulihan pasien.

“Kami berharap, layanan yang ada di Jakarta, terlebih lagi di Radjak Hospital Salemba ingin dapat bersaing dengan pelayanan yang ada di luar negeri dengan investasi peralatan maupun investasi SDM mumpuni. Jadi, dengan adanya CoE ini, kami ingin melakukan pelayanan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk mencegah arus masyarakat kita yang saat ini cenderung lebih berobat ke luar negeri,” kata Direktur Radjak Hospital Salemba dr. Ika Sofrina, MKK.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved