Marketing Trends

Siegwerk Tingkatkan Awareness Bahaya Tinta pada Kemasan Makanan

Ternyata baru 10% pasar kemasan di Indonesia yang memahami bahayanya bahan pengencer cat (toluena) bagi kesehatan manusia, bahkan janin dalam kandungan. Siegwerk, salah satu produsen tinta cetak dan pelapis, untuk kemasan dan label menggelar seminar dalam upaya meningkatkan awareness bahaya ini.

Di seminar mengenai tinta kemasa dengan tema Indonesian Packaging Federation (IPF) bertajuk ‘Securing Future with Safe Packaging;, Siegwerk menegaskan bahwa pentingnya kemasan makanan yang aman untuk keamanan produk dan konsumen.

Selain itu perusahaan asal Jerman ini menekankan peran penting tinta cetak dan bahan pelapis pada kemasan makanan. Pesan utama yang ingin disampaikan: Untuk menyediakan pelapis kemasan makanan yang aman dengan tinta yang tepat (yang mengandung pelarut, pigmen, dan komponen lainnya yang aman), diperlukan pendekatan regulasi yang kokoh dan kepatuhan dari seluruh pemangku kepentingan di industri kemasan.

Janarthanan Nallasura, Direktur Utama Siegwerk di Asia Tenggara, menekankan kebutuhan standar kemasan pangan yang baru dan lebih tinggi mengingat besarnya konsumsi makanan kemasan di Indonesia. “Ada kebutuhan mendesak untuk beralih dari praktik-praktik usang dan kritikal ke mode kemasan makanan yang modern dan aman,” tambahnya.

Maka itu selain dengan asosiasi, acara ini juga mengundang BPOM, karena jaminan keamanan kemasan merupakan tantangan kompleks karena membutuhkan kerjasama seluruh pemangku kepentingan dari hulu ke hilir guna menyediakan kemasan aman untuk produk makanan.

Dr. Jörg-Peter Langhammer, Head of Global Product Safety & Responsibility – Siegwerk, menambahkan bahwa kemasan yang aman masih tetap menjadi topik yang sangat penting karena tidak ada makanan yang aman tanpa kemasan yang tepat dan aman.

Dia menambahkan bahwa memastikan kemasan yang aman memerlukan pendekatan yang terintegrasi dan transparansi dari seluruh pihak yang terlibat dalam rantai pasokan kemasan. “Rantai pasokan kemasan ini kompleks, dan semua harus berbagi tanggung jawab. Membuat suatu kemasan makanan aman yang berkelanjutan melalui solusi tinta berbasis pelarut bebas toluena dan mematuhi persyaratan regulasi global yang ketat dan persyaratan keselamatan produk adalah bagian dari komitmen Siegwerk melalui total solution,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved