Management Trends

Komitmen Komunal Perkuat Daya Saing UMKM Melalui Pendanaan

Komunal akan memperkuat komitmennya melalui DepositoBPR by Komunal dalam memberikan layanan inovatif yang memudahkan masyarakat mengakses produk deposito BPR. Peran Komunal sebagai neo ruralbank, selain bermitra dengan berbagai BPR di seluruh Indonesia, juga mengintegrasikan inovasi digital terkini dengan kehadiran fisik yang kuat di daerah, bukan hanya diakui di Indonesia, tetapi juga oleh negara-negara ASEAN.

Hal ini disampaikan Hendry Lieviant, Co-founder & CEO Komunal terkait apresiasi yang baru diraih Komunal di level Regional ASEAN. Komunal baru saja meraih posisi 3 finalis ASEAN Business Award (ABA) 2023 ajang yang digagas ASEAN Business Advisory Council (BAC).

Menurutnya, apresiasi ini makin motivasi bagi DepositoBPR by Komunal untuk terus menggalang kerja sama dengan BPR di seluruh Indonesia yang fokus melayani UMKM produktif. Vera Rosana, Head of Marketing Komunal, menjelaskan, ke depannya komunal akan terus memperluas dan mempermudah akses masyarakat berinvestasi di deposito BPR yang menawarkan suku bunga tinggi kepada masyarakat di Indonesia, tanpa tatap muka serta paperless, sekaligus aman dan terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Lebih jauh Vera mengatakan, kehadiran DepositoBPR by Komunal yang sangat membantu Deposan, juga menjadi bukti komitmen kuat Komunal untuk ikut berkontribusi memberdayakan UMKM melalui dukungan dana investasi Deposan di BPR yang kemudian disalurkan ke sektor UMKM produktif.

Langkah ini tentunya sejalan dengan upaya ASEAN Business Advisory Council (BAC) untuk lebih memberdayakan UMKM di Asia Tenggara yang jumlahnya telah mencapai 72,667 juta UMKM, berdasarkan data ASEAN Investment Report 2022.

Vera juga menegaskan, Komunal, khususnya melalui entitas DepositoBPR by Komunal akan terus mendukung upaya ASEAN BAC untuk ikut meningkatkan pertumbuhan secara cepat, inklusif dan berkelanjutan di kawasan ASEAN. Bersama-sama seluruh entitas bisnis di kawasan ini, Komunal akan turut serta berkontribusi dengan mendorong pemberdayaan UMKM produktif di Indonesia yang berdasarkan data ASEAN Investment Report 2022 jumlahnya telah mencapai 65,465 juta UMKM.

Ajang tahunan pemberian apresiasi atas keberhasilan dan inovasi bisnis secara berkelanjutan dalam ASEAN Business Award (ABA) 2023, menjadi salah satu momentum bersejarah bagi Komunal yang berhasil masuk sebagai Top 3 Finalis dengan kategori Investasi Inovatif (Innovative Investment) dalam perhelatan bergengsi ini.

Mengutip yang disampaikan Arsjad Rasjid, Ketua ASEAN BAC dalam website ASEAN BAC Indonesia, ABA 2023 bukan sekadar ajang penghargaan, tetapi juga menjadi ekspresi konkret komitmen dan dukungan industri, UMKM serta individu terhadap kemajuan, inovasi juga visiinklusivitas, sentralitas dan pertumbuhan berkelanjutan di kawasan ini.

Komunal berhasil terpilih sebagai Top 3 Finalis, dari sekitar 700 perusahaan di Asia Tenggara yang berpartisipasi pada ajang bergengsi ASEAN Business Awards 2023. Terpilihnya Komunal sebagai tiga besar finalis merupakan pengakuan terhadap kontribusi Komunal dalam mendukung pertumbuhan sektor finansial secara inovatif dan inklusif. Komunal, sebagai perusahaan fintech, akan terus memperkuat komitmen dukungannya dalam memberikan layanan terbaik bagi Deposan dansektor UMKM produktif.

Sebagai infromasi, sebagaimana dikutip dari website ASEAN BAC Indonesia, ABA merupakan ajang prestisius yang diinisiasi oleh ASEAN Business Advisory Council (BAC).Tujuan dari perhelatan ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan kemajuanbudaya di kawasan ASEAN. ASEAN BAC fokus terhadap lima prioritas penting yaitu Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Kesehatan, Ketahanan Pangan, dan Fasilitas Perdagangan.

ABA 2023 menawarkan 8 pilar penghargaan yang terdiri dari 5 pilar yang dikhususkan untuk perusahaan besar dan UMKM, sementara 3 pilar yang lainnya adalah untuk kategori individual. Lima pilar bagi perusahaan dan UMKM terdiri dari pilar Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan dan Fasilitas Perdagangan dan Investasi. Sedangkan pada kategoriindividual, ada 3 pilar penghargaan yaitu Women, Youth, dan Friends of ASEAN. Secara total tersedia 13 kategori penghargaan pada berbagai sektor dan bidang.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved