Marketing Trends

Game dari Polandia Ini Justru Viral Setelah Pansos

Fenomena menarik terjadi di dunia game baru-baru ini. Produk game asal Polandia, namanya Holstin, langsung viral karena memajang produk buatan Indonesia yakni Kopiko.

Alhasil, banyak gamers Tanah Air justru menduga Holstin berupaya mencuri perhatian atau panjat sosial (pansos) masyarakat Indonesia dengan cara menampilkan produk tersebut di dalam game buatan Sonka itu.

Kehadiran Kopiko di game Holstin diketahui terungkap oleh unggahan game developer Indonesia, Kris Antoni. Lewat akun dia di Twitter, miliknya, Kris menceritakan adanya Kopiko di game Holstin. “I’m really suprised to see Kopiko, an Indonesian coffee candy, in Holstingame. Is Kopiko popular in Poland?” tanya Kris di akun media sosialnya.

Menariknya beberapa pengikut Kris Antony menjawab Kopiko memang sangat dikenal di Polandia. Terutama di tahun 1980-an hingga 1990-an. “It was quite popular back in the days in Poland,yes,” tulis pemilik akun Mythicmichal.

Hadirnya Kopiko di game Holstin memang tergolong unik. Bisa jadi game Holstin memang mencoba pansos dengan menampilkan produk buatan Indonesia itu. Seiring berjalannya waktu, pansos tidak hanya dilakukan oleh personal dari sosok tokoh atau orang, tapi bisa dilakukan sebuah brand demi kepentingan marketing.

Sebut saja contoh pertemuan antara Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan dan CEO Tesla Elon Musk yang terjadi pada 26 April 2022. Waktu itu Luhut Binsar Pandjaitan dan rombongan sempat terlihat menawarkan Kopiko ke Elon Musk. Hal ini terlihat dari beberapa foto dan video yang beredar di media sosial menunjukkan Musk mencicipi Kopiko.

Ada juga momen saat astronot NASA terbang ke luar angkasa sambil membawa Kopiko. Momen-momen unik itu terus membuat Kopiko jadi pusat perhatian.

Banyak brand berlomba memanfaatkan momen viral di sosial media yang kira-kira bisa dilakukan untuk mendapatkan awareness dan menaikkan nilai brand itu sendiri. Sehingga audience yang melihat bisa mengetahui, bahkan sampai membeli produk.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved