Capital Market & Investment SWA Online

CIMB Niaga Perkuat Portofolio Pembiayaan Hijau

The Cooler Earth Sustainability Summit yang diselenggarakan CIMB Niaga di Jakarta. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Dalam rangka mengakselerasi transisi menuju ekonomi hijau, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menggelar The Cooler Earth Sustainability Summit di Jakarta yang diselenggarakan serentak di Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Kamboja mulai 11 hingga 21 September 2023.

Mengusung tema ‘Sustainability in Action: Opportunities for a Better Tomorrow in Indonesia‘, kegiatan ini mempertemukan para pakar dan pemangku kepentingan dari berbagai industri untuk memaparkan sekaligus berdiskusi mengenai peluang bisnis dalam era transisi menuju ekonomi rendah karbon, sekaligus mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim, mengupayakan pembangunan berkelanjutan, serta menurunkan emisi gas rumah kaca hingga mencapai net zero emission pada tahun 2060, sebagaimana tertuang dalam dokumen Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC) Indonesia.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk berperan aktif mendukung isu perubahan iklim melalui keanggotaan di Net Zero Banking Alliance. “Komitmen ini diterjemahkan CIMB Niaga ke dalam beberapa inisiatif untuk membangun ekosistem pembiayaan yang berkelanjutan. Misalnya melalui pembiayaan kepada sektor yang memiliki kontribusi positif pada lingkungan dan sosial, termasuk energi baru dan terbarukan, energi bersih, serta efisiensi karbon dengan konsep climate financing dan nature-based solution,” ujar Lani di Jakarta, (13/09/2023).

CIMB Niaga terus memperkuat portofolio pembiayaan hijau atau green financing untuk mendanai berbagai proyek yang sejalan dengan arah pembangunan berkelanjutan. Per Juni 2023, CIMB Niaga telah menyalurkan pembiayaan berkelanjutan, termasuk pembiayaan UMKM, sebesar Rp51,50 triliun atau setara dengan 25% dari total pembiayaan bank. Total porsi pembiayaan hijau sebesar Rp32,51 triliun atau setara dengan hampir 16% dari total pembiayaan bank.

Sementara Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei menyampaikan, “Sejak 2019, The Cooler Earth Sustainability Summit hadir sebagai misi CIMB Niaga untuk memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif untuk membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan planet yang lebih layak huni. CIMB Niaga akan lebih berfokus pada langkah-langkah yang perlu diambil untuk memanfaatkan isu-isu berkelanjutan dalam menjalankan bisnis, mengatasi tantangannya, sekaligus menangkap peluang baru yang hadir melalui keberlanjutan.”

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved