CSR Corner

Bank DBS Indonesia Perluas Kontribusi Green Saving bagi Masyarakat

Bank DBS Indonesia bersama Yayasan Tangan Pengharapan. (Foto Ubaidillah/SWA)

Memasuki tahun ketiga, rekening Green Savings oleh Bank DBS Indonesia kini memperluas kontribusinya untuk masyarakat. Terbaru, Bank DBS berkolaborasi dengan Yayasan Tangan Pengharapan (YTP) yang berfokus pada kesetaraan pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan perluasan kolaborasi ini untuk meningkatkan kesejahteraan ribuan anak di 15 area pedalaman Indonesia, khususnya terkait akses pendidikan. Kerja sama ini melengkapi kolaborasi rekening Green Savings yang sudah ada sebelumnya bersama wirausaha sosial Krakakoa di Lampung Barat dan Sulawesi Barat.

“Komitmen Bank DBS Indonesia terhadap isu keberlanjutan didasarkan pada tiga pilar utama yakni Responsible Banking atau produk perbankan yang berkelanjutan, Responsible Business Practices atau upaya kami dalam menjalankan praktik operasional yang mengurangi dampak emisi karbon, serta Impact Beyond Banking yang menggarisbawahi komitmen kami untuk memberikan dampak positif pada komunitas dan masyarakat luas,” katanya, Kamis (14/09/2023).

Rudy menuturkan DBS Indonesia memiliki 16 variasi produk berbasis ESG seperti rekening Green Savings, serta produk investasi termasuk reksa dana untuk semua segmen consumer banking. “Keseriusan kami menggencarkan produk hijau merupakan wujud nyata dari pilar pertama dan mendukung visi Bank DBS untuk menjadi best bank for a better world,” katanya.

Rekening Green Savings merupakan produk yang menyatukan tabungan dan kontribusi terhadap isu sosial dan lingkungan di Indonesia. Dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, jumlah nasabah Green Savings mencapai 5.000 lebih, ini meningkat 60% sejak Desember 2022 hingga Agustus 2023.

Sejak diluncurkan pada 2021, Green Savings DBS Indonesia telah menghasilkan total kontribusi lebih dari Rp1,47 miliar. Saat ini, rekening Green Savings telah mendukung lebih dari 750 petani coklat dalam mencapai 5 dari 10 langkah pengolahan kakao dan meningkatkan pendapatan mereka hingga tiga kali lipat.

Head of Segmentation, Liabilities, and Mortgage PT Bank DBS Indonesia Natalina Syabana menjelaskan, sebagai satu-satunya produk yang menyatukan tabungan dan kontribusi terhadap sosial lingkungan di Indonesia, rekening Green Savings memiliki keunggulan yang berfokus pada dua hal. Pertama bersifat seamless dan kedua nilai kontribusi 50% dari bunga yang kompetitif disisihkan langsung ke mitra sosial.

“Untuk menjaga transparansi penyaluran kontribusi, nasabah akan menerima update berkala terkait pemanfaatan kontribusinya. Selain itu nasabah juga dapat melihat nilai kontribusi itu dari bunga rekening tersebut di mutasi rekening bulanan,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Rencana pemanfaatan dari kontribusi rekening Green Savings mencakup pengadaan perahu motor sebagai transportasi guru dan murid di Papua dan Mentawai, menyediakan fasilitas sekolah layak seperti komputer di Sumba, Kupang, Atambua, dan juga alat bantu pendidikan pendidikan anak usia dini (PAUD) di pulau Halmahera, Kalimantan Barat, Sumba, Papua, Merauke, dan sekitarnya.

Yayasan Tangan Pengharapan yang menjadi mitra baru Bank DBS Indonesia untuk rekening Green Savings merupakan yayasan yang didirikan sejak tahun 2007 dengan tujuan untuk mengeluarkan masyarakat Indonesia dari keterpurukan dan kemiskinan, serta kurang merata dan mahalnya biaya pendidikan. Yayasan ini menitikberatkan bantuan pada pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan kesehatan yang diwujudkan melalui berbagai program.

Field Assessor Yayasan Tangan Pengharapan Raja Sigalingging menyatakan, sangat gembira atas kolaborasi dengan Bank DBS Indonesia untuk rekening Green Savings. Penyaluran donasi oleh nasabah Bank DBS Indonesia ini akan sangat berguna untuk mendukung kesejahteraan anak-anak dan remaja di pedalaman Indonesia.

“Besar harapan kami agar kolaborasi ini menjadi awal yang baik dalam menciptakan perubahan positif yang lebih besar di masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi generasi muda Indonesia,” jelasnya.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved