Trends

CEO Traveloka jadi Board Member Terbaru Endeavor Indonesia

Ferry Unardi, CEO Traveloka, diangkat sebagai anggota Board Endeavor

Di tengah tantangan dunia startup baik dari saat pandemi COVID-19 hingga ancaman tech winter, tak sedikit dari startup yang nyatanya mampu tumbuh bahkan berhasil menerjang badai dengan sukses. Berada dalam salah satu sektor paling rentan seperti travel dan pemesanan tiket, Traveloka, di bawah kepemimpinan CEO dan Co-Founder Ferry Unardi berhasil berkembang dan kini semakin kuat lewat sederet inovasi.

Kesuksesan Ferry melalui masa-masa sulit industri teknologi, travel, dan pariwisata selama pandemi, Endeavor Indonesia, komunitas dunia dari, oleh, dan untuk pengusaha berdampak tinggi (high-impact entrepreneurs), menunjuk Ferry Unardi sebagai board member terbaru mereka.

Ferry Unardi menjadi Board ke-12 setelah Endeavor menunjuk Jefrey Joe, Venture Capitalist (VC) dari Alpha JWC Ventures, pada Juli lalu. Keberadaan kedua pengusaha berpengalaman di jajaran board diharapkan membawa dampak signifikan dengan pengalaman mereka yang berhasil melalui pasang surutnya ekosistem startup di negeri ini.

“Kedatangan Ferry Unardi sebagai board member Endeavor Indonesia merupakan langkah yang strategis bagi ekosistem kami. Sebagai CEO dan Co-Founder Traveloka, Ferry membawa bukan hanya pengalaman kewirausahaan yang berlimpah tetapi juga pemahaman yang luas tentang perjalanan berliku yang dihadapi oleh startup. Kegigihannya dalam membimbing Traveloka melalui tantangan yang ditimbulkan oleh lingkungan operasional ekonomi makro yang sulit, terutama dalam industri perjalanan dan pemesanan tiket, benar-benar luar biasa”, ungkap

Arif P. Rachmat, Co-Founder & Executive Chairman dari TAP Group dan Chairman Endeavor Indonesia.

Dengan kehadiran Ferry dan Jefrey Joe di jajaran board, Arif yakin bahwa jaringan Endeavor akan mendapatkan berbagai manfaat dari wawasan dan pengalaman mereka, membuat bisa lebih efektif dalam mendukung para pengusaha berdampak tinggi (high-impact entrepreneurs). “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Ferry untuk menciptakan ekosistem yang lebih kuat dan memberikan perhatian yang lebih besar bagi startup di Indonesia,” tambah Arif.

Sebagai board member Endeavor Indonesia, Ferry akan menemani perjalanan para startup lain dalam mencapai pertumbuhan yang lebih solid untuk bisa melahirkan lebih banyak high-impact entrepreneurs. Sebagai board pertama yang bergerak di industri travel dan pemesanan tiket, Ferry akan memberikan perspektif dan gagasannya tentang cara menjalankan bisnis yang lebih sustainable hingga saat ini lewat serangkaian kecanggihan teknologi dan berbagai kebutuhan konsumen lainnya.

“Di tengah krisis, sangat penting bagi startup untuk terus beradaptasi dan berinovasi lewat ragam solusi alternatif yang bisa memberi pengalaman pengguna lebih baik tetapi efisiensi operasional tetap meningkat. Karena itu, di Traveloka kami terus menghadirkan teknologi terdepan yang bisa mewadahi segala macam kebutuhan konsumen, terlepas rintangan apa pun yang dihadapi. Komitmen Endeavor untuk memajukan kewirausahaan dan menunjang startup agar semakin berkembang sangat selaras dengan nilai-nilai utama yang telah mendorong kesuksesan Traveloka hingga saat ini. Saya sangat antusias menyumbangkan pengalaman dan pengetahuan saya untuk membantu jaringan Endeavor Indonesia agar semakin berkembang. Dengan saling bergandengan tangan, kita dapat menciptakan ekosistem yang lebih kuat dan tangguh bagi high-impact entrepreneurs,” Ferry semangat.

Dalam perjalanannya membangun Traveloka sejak 2012, pria lulusan MBA di Harvard Business School ini berhasil mencapai status unicorn dalam 5 tahun. Traveloka kini semakin maju hingga mampu memperluas jasa yang mereka tawarkan untuk mencakup pemesanan tiket kereta dan bus, penyewaan mobil, dan berbagai aktivitas wisata.

Pada tahun 2015, Traveloka bahkan telah mulai merambah pasar di Asia Tenggara, termasuk Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Hingga tahun 2022, Traveloka tetap menjadi platform perjalanan online terbesar di Asia Tenggara. Pengalaman dan keahlian Ferry Unardi dalam membangun dan mengembangkan startup menjadikannya sebagai amunisi yang berharga bagi Endeavor Indonesia.

Endeavor juga baru saja menggelar Endeavor Scale Up Batch 5, sebuah akselerator non-dilutif yang memberikan kesempatan langka bagi startup terpilih untuk terhubung dengan sumber daya, pendiri, dan pemimpin industri yang tergabung dalam jaringan lokal dan global Endeavor. Kegiatan ini semakin mendukung pertumbuhan para entrepreneur dan startup yang paling menjanjikan dan tumbuh paling cepat hingga mampu membangun ekosistem kewirausahaan yang berkembang di pasar.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved