Capital Market & Investment

BEI dan OJK Berkolaborasi Perkokoh Ekosistem Pasar Modal

(kedua dari kanan) Jeffrey Hendrik, Direktur Pengembangan BEI. (Foto : Dok).

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengapresiasi upaya penguatan ekosistem pasar modal di segala lini. “Sepintas mungkin hanya kegiatan olah raga, tapi (kegiatan) ini sangat efektif dalam membangun kebersamaan dalam ekosistem pasar modal itu sendiri, sehingga sekaligus menjadi sosialisasi industri (pasar modal) dalam bentuk tersendiri,” ujar Direktur Pengembangan BEI, Jeffrey Hendrik pada pembukaan Camaro Futsal Competition 2023 di Jakarta pada akhir pekan lalu

Dengan adanya wadah kebersamaan semacam ini, menurut Jeffrey, bakal dapat memperkuat ekosistem pasar modal nasional secara lebih efektif. Dengan demikian, setiap tantangan yang ada di lapangan diharapkan juga bakal bisa dihadapi dan dicarikan solusinya secara bersama-sama. “BEI mengamati mayoritas investor ritel kita saat ini adalah generasi muda. Sehingga kegiatan-kegiatan semacam ini, dengan mengangkat tagline ‘maju bersama pasar modal Indonesia’, Saya rasa justru lebih tepat dan efektif dalam memperkuat edukasi dan sosialisasi di masyarakat,” tutur Jeffrey.

Jeffrey berharap berbagai inisiatif dan inovasi kegiatan semacam ini dapat dipertahankan, dan bahkan ditingkatkan guna mengembangkan industri pasar modal secara keseluruhan. Terutama dalam hal memperkuat basis investor di masyarakat.

Pada kesempatan ini, Kepala Departemen Perizinan Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Luthfy Zain Fuady, juga mengapresiasi komunitas wartawan pasar modal, Capital Market Journo Camaro), dengan menggelar turnamen olahraga futsal bertajuk Camaro Futsal Competition 2023, yang diikuti oleh 16 emiten dan delapan forum wartawan.

Dengan kebersamaan dan komunikasi yang lebih baik, diharapkan juga dapat mendukung proses transmisi berbagai kebijakan dan peraturan pasar modal dari regulator kepada publik secara luas.

“Secara komunikasi jadi lebih lancar. Kalau ada masalah, penanganannya juga lebih mudah. Dan lebih nyaman juga secara maintancenya,” ujar Luthfi.Dalam membangun dan mengembangkan industri pasar nasional, menurut Luthfi, perlu sumbangsih dan kontribusi dari berbagai pihak.

Tidak hanya pelaku pasar, pelaku industri dan regulator yang sehari-hari berkecimbang dalam aktivitas pasar modal, keberadaan wartawan dan dunia media juga disebutnya memiliki peran yang sangat penting.”Terlebih untuk industri yang relatif sangat spesifik seperti pasar modal ini. Untuk berharap agar literasi dan pengetahuan masyarakat terhadap industri ini baik, andalannya tentu dunia media. Sehingga ketika ada inisiatif bersama seperti ini, tentu ini sangat positif,” tutur Luthfi.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI), Edhi Prasetyo, menyebutkan Camaro Futsal Competition merupakan salah satu turnamen futsal amatir yang selama ini telah dijalankan secara rutin dan konsisten.Atas inisiatif tersebut, Edhi mewakili FFI menyatakan terima kasihnya kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang terlibat.

“Sangat menggembirakan lagi, bahwa (acara) ini bukan diinisiasi oleh wartawan olahraga atau wartawan bola, melainkan wartawan ekonomi. Wartawan pasar modal. Tapi konsisten menggelar turnamen futsal, ini kami dari FFI tentu sangat terbantu dan berterima kasih,” ujar Edhi, yang juga turut hadir di lokasi acara.

Berbagai inisiatif seperti halnya yang dilakukan oleh Camaro, menurut Edhi, sangat penting dalam upaya mengembangkan olah raga futsal di Indonesia. Hal ini tak lepas dari sangat banyaknya bibit-bibit berkualitas yang ada di masyarakat, sehingga perlu mendapatkan wadah yang memadai untuk mengembangkan diri.”Seperti juga sepak bola, kita itu tidak pernah kekurangan bibit-bibit berkualitas untuk futsal. Tinggal bagaimana kita bisa menemukan bibit-bibit itu dan memberikan wadah untuk bisa berkembang lebih baik lagi. Nah, yang telah dilakukan oleh Camaro itu, telah sangat membantu kami dalam kepentingan itu,” tegas Edhi.

Camaro Futsal Competition sendiri pertama kali digelar sejak 2011 lalu dengan nama Capital Market Journalist Cup (Catalist Cup). Sempat beberapa kali mengalami pergantian nama, event ini rutin digelar setiap tahun, dan hanya sempat vakum saat pandemi Covid-19.Acara ini didukung penuh oleh PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan PT Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI).

Dari jajaran emiten dukungan diantaranya PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT BNI Sekuritas, PT Astra International Tbk (ASII) dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF).

Selain itu, tak ketinggalan juga PT PP Tbk (PTPP), PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) dan sejumlah emiten lain.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved