Technology SWA Online Trends

Keterampilan Non Teknis Jadi Kunci Keberhasilan SDM

Lucy Beaumont, Talent Management Solution Lead SHL. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Kondisi penuh tantangan yang sulit diprediksi menjadikan pengelolaan SDM di perusahaan/institusi juga semakin kompleks. Perusahaan dituntut untuk benar-benar memahami karakteristik dan keterampilan SDM seperti apa yang mereka butuhkan saat ini dan di masa depan. Dengan begitu, mereka bisa menerapkan strategi pengelolaan SDM yang tepat untuk mendukung pertumbuhan perusahaan.

Menyadari hal itu, SHL Indonesia yang merupakan bagian dari SHL Global, perusahaan konsultan global di bidang human capital menggelar SHL Indonesia Talent Conference 2023 untuk mendukung perkembangan sumber daya manusia di organisasi dalam menjawab tantangan dunia kerja di masa depan.

Acara SHL Indonesia Talent Conference 2023 mengangkat tema ‘Future Talent Frontier: Navigating People Strategy‘. Pada kegiatan ini, Lucy Beaumont, Talent Management Solution Lead SHL, mengupas hasil riset SHL Global bertajuk ‘Skills of the Future and Where to Find Them‘. Riset ini melibatkan 70 ribu praktisi SDM di berbagai industri dari seluruh dunia yang dibagi ke dalam 8 wilayah yaitu Afrika, Asia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, Eropa, India, Timur Tengah, Amerika Utara, dan Oseania.

“Di beberapa region, karakter yang menduduki tempat teratas adalah optimisme, integritas, dan kemurahan hati atau kebaikan (generosity). Yang menarik, dua dari karakter ini yaitu integritas dan generosity menjadi karakter dominan SDM di wilayah Asia. Selain itu, kemampuan bekerjasama dan saling dukung di dalam tim serta kemampuan beradaptasi juga menjadi bagian yang menonjol dari karakteristik SDM yang disurvei,” ujar Lucy.

Mengutip apa yang dikatakan Josh Bersin, yang banyak dibutuhkan di masa depan adalah keterampilan yang bersifat perilaku (behavioral) atau karakter, dan bukan semata keterampilan teknikal. Hal ini sejalan dengan hasil riset yang dilakukan oleh SHL di atas dimana keterampilan terkait karakter menjadi yang utama.

“Keterampilan non-teknis ini justru akan menjadi kunci keberhasilan perusahaan di masa depan. Kemampuan untuk beradapatasi, memiliki nilai integritas, kemurahan hati, selalu optimis, kemampuan komunikasi yang efektif, dan lain-lain akan menjadi poin utama yang menjadi kekuatan SDM masa depan,” ujar Lucy.

Selama ini, kemampuan-kemampuan di atas lebih banyak dikenal sebagai soft skills, namun, ia menegaskan terminologi ini mulai berubah dan kemampuan ini kini banyak dikenal sebagai power skills.

“Melalui kegiatan SHL Indonesia Talent Conference 2023 ini, SHL Indonesia berupaya mendukung perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia dalam mencari SDM yang tepat dan siap menghadapi tantangan organisasi di masa depan serta mengembangkan keterampilan SDM untuk menjaga sustainability perusahaan dan menjadi aset berharga untuk perusahaan sekarang dan di masa depan,” ungkap Marizca Tambunan, Managing Director SHL Indonesia.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved