Automotive

Bapak Suzuki Indonesia, Soebronto Laras telah Berpulang

Foto : Suzuki

Soebronto Laras atau yang dikenal dengan Bapak Suzuki Indonesia telah meninggal dunia. Yonto, dia begitu akrab dipanggil lahir pada 5 Oktober 1943 di Jakarta. Sejak kecil, putera R Moerdono—importir Mobil Citroen & Combi– ini sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia otomotif.

Selain mengisi waktu senggangnya menjadi pebalap motor dan mekanik pada masa remaja, dia memulai keseriusannya terhadap dunia otomotif dengan melanjutkan studi rekayasa mesin di Paisley College for Technology, Inggris. Kemudian, dia melanjutkan studinya di Hendon Collage sebagai Sarjana Administrasi Bisnis pada t 1972.

Suzuki Indonesia memulai tahun pertamanya dengan memproduksi sepeda motor A100 dan FR70. Baru di tahun 1976, Soebronto Laras ditunjuk sebagai Presiden Direktur PT Indomobil Utama memulai gebrakan baru dengan mengenalkan mobil legendaris Suzuki Indonesia yaitu Carry ST20, mobil pick-up mungil 2 tak yang akrab di masyakarat Indonesia.

Melanjutkan kariernya di industri otomotif, selama menjabat menjadi Direktur Utama PT Indomobil Sukses Internasional periode 1982 hingga 2002 silam, Soebronto Laras juga pernah menjadi Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), bahkan selama dua periode. Dia pertama kali memimpin Gaikindo periode 1985-1987. Pada periode berikutnya (1988-1990), Soebronto Laras kembali dipilih sebagai Ketua Umum Gaikindo.

Soebronto terus mengembangkan kariernya melalui jabatannya sebagai Presiden Direktur PT Indomobil Suzuki Internasional (yang kini berubah nama menjadi PT Suzuki Indomobil Motor) sejak 1990 hingga 2008 lalu. Di tahun 2002, beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Indomobil Sukses Internasional hingga saat ini.

Hingga akhir hayatnya, dia masih menjabat sebagai Komisaris PT Suzuki Indomobil Motor sejak 2014 silam, dan Wakil Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (Bisnis Indonesia) sampai sekarang.

Sejak kemunculan Suzuki Carry ST20 di awal perjalanan Suzuki Indonesia, Soebronto Laras bersama seluruh pihak yang terlibat dalam keluarga Suzuki Indonesia, terus mengembangkan produksi mobil, sepeda motor, serta outboard-motor (OBM), dan memberikan layanan aftersales yang terbaik hingga saat ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved